Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3774- Sitotoksisitas Ekstrak dan Fraksi-Fraksi Herba Tumbuhan Kucing-Kucingan (Acalypha indica L.) Asal Kabupaten Pidie Terhadap Sel Kanker Prostat DU 145 Dengan Metode WST Assay (Rindita Aulia Lubna; Ellin Febrina, M.Si; Ferry Ferdiansyah Sofian, M.Si)


Kanker adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Penyakit kanker ini merupakan penyebab kematian kedua ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802683774Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3774
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3774
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Penyakit kanker ini merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit kardiovaskular. Insidensi kanker prostat di dunia menempati urutan kelima, sedangkan pada pria menempati urutan kedua tertinggi di dunia.Adanya terapi dengan jangka waktu panjang maupun pendek memberikan efek samping bagi pasien sehinggabanyak pasien yang mencari pengobatan alternatif yang lebih aman jika digunakan dalam jangka waktu panjang, salah satunya adalah pengobatan dengan herbal. Tumbuhan kucing-kucingan (Acalypha indicaL.) merupakan salah satu herbal yang telah diteliti memiliki sitotoksisitas terhadap sel kanker payudara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sitotoksisitas dari ekstrak dan fraksi-fraksi herba Acalypha indicaL. terhadap sel kanker lain, yaitu sel kanker prostat DU145. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalahWater Soluble Tetrazolium(WST)Assay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi n-heksan dan fraksi etil asetat memiliki efek sitotoksisitas terhadap sel kanker prostat DU145 dengan nilai IC50 masing-masing sebesar 191,50µg/mL dan 146,39 µg/mL. Hasil tersebut termasuk ke dalam kategori sitotoksisitas aktif.
    Kata kunci: sitotoksisitas, Acalypha indica L., kanker prostat, WST Assay
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi