Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3777- Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Karet Kebop (Ficus elastica Roxb. Ex Hornem) Terhadap Isolat Bakteri Famili Enterobacteriaceae (Novia Bayu Kartika; Sri Agung Fitri Kusuma, M.Si; Dudi Runadi, M.Si)


Enterobacteriaceaea adalah bakteri Gram negatif yang tersebar di dalam air, tanah, tanaman, sayuran, hewan dan feses manusia. Di antara famili ini ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802713777Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3777
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3777
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Enterobacteriaceaea adalah bakteri Gram negatif yang tersebar di dalam air, tanah, tanaman, sayuran, hewan dan feses manusia. Di antara famili ini terdapat beberapa spesies yang merupakan patogen pada manusia, yaitu Salmonella typhi, Shigella dysenteriae, Escherichia coli, Citrobacter freundii, Klebsiella pneumoniae dan Serratia marcescens.Patogen tersebut dilaporkan dapat menyebabkan penyakit seperti disentri, infeksi saluran kemih, septikemia, pneumonia, meningitis serta dapat menimbulkan kematian. Resistensi bakteri famili Enterobacteriaceaea telah banyak dilaporkan sehingga memerlukan pencarian antibiotika baru. Daun karet kebo mengandung tanin, fenol dan flavonoid yang merupakan metabolit sekunder yang memiliki efek untuk menghambat bakteri Gram negatif pada manusia. Oleh karena itu, tujuan penelitianini adalah untuk mengkajiaktivitas ekstrak etanol daun Karet kebo (Ficus elastica Roxb. ex Hornem) terhadap isolat bakteri famili enterobacteriaceaeayang diisolasi dari sumber air minum.Metode penelitian yang dilakukan meliputi isolasi dan identifikasi bakteri famili Enterobacteriaceaea dari 20 sampel air isi ulang,pengumpulan bahan dan determinasi tanaman daun Karet kebo, ekstraksi, penapisan fitokimia, parameter ekstrak dan pengujian aktivitas antibakteri. Hasil isolasi ditemukan 4 genus bakteri Citrobacter sp, Salmonella sp, Serratia sp, dan Escherichia sp. Berdasarkan diameter hambat yang terbentuk,ekstrak etanol daun Karet kebo memiliki aktivitas antibakteri terhadap seluruh isolat bakteri dengan inhibisi tertinggi terhadap genus Escherichia sp.
    Kata kunci :Air, Enterobacteriaceaea,karet kebo, Ficus elastica,Citrobacter, Serratia, Salmonella, Escherichia.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi