Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T143- Pengaruh Penggunaan Metil Prednisolon Terhadap Kejadian Aterosklerosis Pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (Shinta Patika Salma; Dr. Eli Halimah, MS; dr. Laniyati Hamijoyo, Sp.PD-KR., M.Kes)


Lupus eritematosus Sistemik (LES) adalah penyakit inflamasi autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai organ. Penyakit ini terutama menyerang pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20180274T143Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T143
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T143
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Lupus eritematosus Sistemik (LES) adalah penyakit inflamasi autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai organ. Penyakit ini terutama menyerang pada wanita usia reproduksi dengan angka kematian yang cukup tinggi. Salah satu pengobatan yang direkomendasikan adalah kortikosteroid dengan efek samping yang diketahui adalah aterosklerosis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dosis, baik dosis harian ataupun dosis total serta lama penggunaan metilprednisolon terhadap kejadian aterosklerosis. Rancangan penelitian ini adalah kohort retrospektif. Terdapat 56 sampel yang dibagi kedalam kelompok kontrol (tidak aterosklerosis) dan kelompok studi (aterosklerosis). Subjek penelitian pada kedua kelompok tersebut diwawancara dan ditelusuri rekam mediknya. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh dosis, baik dosis harian ataupun dosis total serta lama penggunaan metilprednisolon terhadap kejadian aterokslerosis, namun terdapat kecenderungan bahwa pasien dengan dosis harian >8,3 mg dapat mengurangi risiko ateroklerosis sebesar 12%, sedangkan pasien dengan dosis total metilprednisolon >8824 mg memiliki risiko peningkatan kejadian aterosklerosis sebesar 4% serta pasien dengan lama penggunaan metilprednisolon >38 bulan memiliki risiko peningkatan kejadian aterosklerosis sebesar 13%.
    Kata kunci : Aterosklerosis, dosis, lama penggunaan, lupus eritematosus sistemik, metilprednisolon,
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi