Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3814- Pengaruh Penambahan Vitamin E TPGS Pada Profil Disolusi Tablet Simvastatin (Pande Putu Guntur Astawa Putra; Dr. Dolih Gazali, MS; Taofik Rusdiana,Ph.D.)


Simvastatin merupakan obat golongan statin yang digunakan untuk mengurangi hiperkolesterolimia.Simvastatin memiliki bioavailabilitasnya sebesar 5% ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201803123814Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3814
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3814
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Simvastatin merupakan obat golongan statin yang digunakan untuk mengurangi hiperkolesterolimia.Simvastatin memiliki bioavailabilitasnya sebesar 5% dikelompokkan pada BCS kelas II. Nilaibioavailabilitas yang rendah dapat disebabkan oleh rendahnya nilai disolusi obat tersebut. Salah satu cara yang dilakukan untuk memperbaiki bioavailabilitas dan disolusinya adalah dengan penambahan surfaktan.Dalam konsentrasi rendah, surfaktan dapat menurunkan tegangan permukaan sehingga kelarutan obat dapat meningkat. Salah satu surfaktan yang dapat digunakan adalah vitamin E TPGS.Penelitian ini dilakukan agar diketahui formulatablet simvastatindengan penambahan vitamin E TPGS dengan konsentrasi optimal. Dalam penelitian, digunakan Vitamin E TPGS dengan konsentrasi 0,3, 0,9 dan 1,5%, kemudiandiuji mutu dan disolusi tabletsimvastatin dengan dan tanpa penambahan vitamin E TPGS.Hasil uji kualitas fisik tablet secara keseluruhan diketahui bahwa tiap formula tablet telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.Hasil profil disolusi menunjukan % kadar dari menit ke-5 hingga menit ke-30 berturut-turut adalah F4>F2>F3>F1, dimana formula yang menggunakan vitamin E TPGS lebih tinggi daripada formula tanpa vitamin E TPGS.
    Kata kunci : Simvastatin, Tablet, Vitamin E TPGS, Disolusi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi