Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3815- Uji Stabilitas Parameter Fisika dan Kimia Sediaan Transdermal Patch Ketoprofen (Ugi Rahman Kustiawan; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si; Driyanti Rahayu, MT)


Transdermal patch merupakan salah satu sediaan transdermal yang memiliki sifat adhesif digunakan untuk memberikan sejumlah dosis obat melalui kulit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201803163815Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3815
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3815
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Transdermal patch merupakan salah satu sediaan transdermal yang memiliki sifat adhesif digunakan untuk memberikan sejumlah dosis obat melalui kulit dan langsung masuk ke dalam aliran darah.Ketoprofen merupakan salah satu analgesik golongan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) yang penggunaannya secara oral memberikan bioavailabilitas rendah dan efek samping iritasi lambung, sehingga salah satu alternatif penghantarannya adalah dengan dibuat sediaan patch transdermal. Pada penelitian ini dilakukan uji stabilitas sediaan patch ketoprofen dengan parameter fisika dan kimia, yang meliputi organoleptis, ketebalan, susut pengeringan, persentase kelembaban, moisture uptake, pH permukaan, dan kadar sediaan patch pada suhu 40oC dan RH 75% selama 30 hari. Hasil dari penelitian ini adalah waktu simpan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap seluruh parameter yang diuji. Parameter ketebalan, susut pengeringan, persentase kelembaban, moisture uptake, dan pH permukaan sediaan patch masih berada dalam batas yang dapat diterima, sedangkan parameter organoleptis dan kadar sediaan patch menunjukkan hasil yang tidak dapat diterima sehingga dapat dikatakan sediaan patch ketoprofen tidak stabil.
    Kata kunci: Transdermalpatch, ketoprofen, stabilitas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi