Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3894- Identifikasi Genotip dan Pengaruh Polimorfisme Genetik Gen TPH2 rs120074175 Terhadap Faktor Risiko Skizofrenia (James Prasetyo Laksono; Melisa Intan B., Dr. Med. Sc; Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si)


Skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan yang biasanya ditandai dengan gejala halusinasi, delusi, kehilangan motivasi, dan menarik diri dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201901463894Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3894
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3894
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan yang biasanya ditandai dengan gejala halusinasi, delusi, kehilangan motivasi, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Adanya ketidakseimbangan neurotransmitter dopamin dalam otak dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit skizofrenia. Polimorfisme gen Tryptophan Hydroxylase 2 (TPH2)rs120074175 dapat menyebabkan sintesis neurotransmitterserotonin dalam otak berkurang hingga 80%. Berkurangnya serotonin dalam otak dapat menyebabkan pelepasan dopamin terjadi secara terus menerus dan kelebihan dopamin dalam otak ini dapat menyebakan timbulnya gejala positif skizofrenia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat distribusi genotip gen TPH2 pada pasien skizofrenia RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelangdan pengaruh polimorfisme gen TPH2terhadap faktor risiko skizofrenia. Metode yang digunakan adalah Amplification Refractory Mutation System-Polymerase Chain Reaction (ARMS-PCR). Pasien yang mempunyai alel A akan menunjukkan pita pada 294 bp, dan alel G pada 240bp, denganpita pada 515bp sebagai pita kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sampel baik kontrol maupun pasien pada RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang memiliki genotip wild type GG (100%) tanpa ada yang memiliki alel mutan A. Dapat disimpulkan bahwa polimorfisme gen TPH2 rs120074175 tidak berhubungan dengan faktor risiko skizofrenia.
    Kata Kunci: Skizofrenia, Faktor risiko, Dopamin, Polimorfisme, TPH2
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi