Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3902- Studi Profil Stabilitas Kimia Azadiraktin Dengan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi dan Stabilitas Fisik Sediaan Krim Minyak Mimba (Azadirachta indica A. Juss) (Rifa Nurfauziah; Patihul Husni, M.Si; Febrina A. Saputri, M.Farm)


Azadiraktin adalah tetratriterpenoid dari tumbuhan limonoid yang diisolasi dari tanaman mimba (Azadirachta indica A. Juss). Azadiraktin digunakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201901543902Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3902
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3902
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Azadiraktin adalah tetratriterpenoid dari tumbuhan limonoid yang diisolasi dari tanaman mimba (Azadirachta indica A. Juss). Azadiraktin digunakan sebagai bioinsektisida untuk mengobati infeksi kulit seperti skabies. Minyak mimba diperoleh melalui proses pengepresan biji tanpa pemanasan atau cold press. Minyak mimba diformulasikan dalam bentuk sediaan krim dengan basis vanishing cream. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa konsentrasi minyak mimba sebesar 30% memberikan efek maksimal untuk mengobati skabies. Penelitian ini bertujuan untuk menguji stabilitas kimia azadiraktin dan stabilitas fisik dari krim mimba. Pengujian stabilitas kimia azadiraktin dilakukan dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) dan dilakukan selama 3 bulan. Pengujian stabilitas fisika krim mimba yang dilakukan meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji sentrifugasi dan cycling test. Hasil pengujian menunjukkan krim relatif stabil secara fisik namun tidak stabil secara kimia. Hasil uji sentrifugasi menunjukkan krim mengalami pemisahan fase pada minggu ke-6.Krim stabilsecara kimia selama 4 minggu pada suhu penyimpanan 25°C dan 1 minggu pada suhu penyimpanan 40°C.
    Kata kunci: Azadiraktin, Tanaman mimba, Krim, KCKT, Stabilitas kimia, Stabilitas fisika
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi