Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T171- Senyawa Sikloartenol dari Fraksi n-Heksan Ekstrak Etanol Daun Tomat Rampai (Lycopersicon esculentum Mill.) Yang Diduga Sebagai Stimulan Pertumbuhan Rambut (Zulpakor Oktoba; Prof. Dr. Moelyono MW., MS; Prof. Dr. Resmi Mustarichie, Ph.D)


Kerontokan merupakan permasalahan rambut yang sering terjadi pada setiap invidu. Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat sintetis ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20190157T171Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T171
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T171
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kerontokan merupakan permasalahan rambut yang sering terjadi pada setiap invidu. Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat sintetis menyebabkan pengobatan herbal menjadi pilihan dalam mengatasi kerontokan dan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Daun tomat rampai (Lycopersicon esculentum Mill.) telah secara tradisional digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut pada suku Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas efek stimulasi pertumbuhan rambut dariekstrak etanoldan fraksi (n-heksan, etil asetat, air) daun tomat rampai. Pengujian aktivitas efek stimulasi pertumbuhan rambut dilakukan secara topikal pada kelinci jantan New Zealand White (NZW) selama 21 hari dengan metode Tanaka yang telah dimodifikasi dan menggunakan minoksidil 2% sebagai kontrol positif. Hasil pengujian ekstrak etanol daun tomat rampai menunjukkan aktivitas stimulasi pertumbuhan rambut yang paling signifikan pada konsentrasi 10 %, diikuti dengan konsentrasi 20 % dan 5 %. Pada uji aktivitas fraksi daun tomat rampai, fraksi n-heksan 10% secara signifikan menunjukkan hasil aktivitas pertumbuhan rambut yang lebih baik dibandingkan dengan fraksi etil asetat dan fraksi air. Hal ini menunjukan bahwa daun tomat rampai berpotensi dalam meningkatkan aktivitas efek stimulasi pertumbuhan rambut.Isolat diperoleh dari subfraksi n-heksandengan metode Kromatografi Cair Vakum (KCV), Kromatografi Kolom dan KLT dengan menggunakan perbandingan pelarut bergradien. Hasil identifikasi isolat menggunakan instrumen Spektroskopi UV-Vis, IR, HR-TOF MS dan NMR. Senyawa aktif dari isolat DR-B1subfraksi n-heksan daun tomat rampai diduga golongan senyawa triterpenoid, yaitu senyawa sikloartenol dengan rumus molekul C30H50O, m/z425,3783 dengan nama IUPAC9 beta, 19-cyclo-24-lanosten-3beta-ol.
    Kata kunci: isolasi, daun rampai, tumbuhan obat, penyubur rambut, Lycopersiconesculentum Mill, sikloartenol
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi