Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3903- Formulasi Masker Gel Peel Off Ekstrak Daun Murbei Hitam (Morus nigra L.) Sebagai Inhibitor Enzim Tirosinase (Nadiatul Khaira Y.; Arif Budiman, M.Si; Zelika Mega Ramadhania, M.Si; Diah Lia Aulifa, M.Si)


Hiperpigmentasi merupakan salah satu kelainan pigmentasi kulit yang dapat disebabkan oleh peningkatan sintesis melanin akibat aktivitas enzim ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201901603903Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3903
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3903
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Hiperpigmentasi merupakan salah satu kelainan pigmentasi kulit yang dapat disebabkan oleh peningkatan sintesis melanin akibat aktivitas enzim tirosinase. Pemanfaatan daun murbei hitam dengan kandungan flavonoid dan polifenol yang cukup tinggi merupakan salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat formulasi masker gel peel offekstrak daun murbei hitam (Morus nigra L.) yang memiliki aktivitas sebagai inhibitor enzim tirosinase. Diawali dengan proses maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Kemudian aktivitas ekstrak sebagai inhibitor enzim tirosinase diuji secara in vitro. Selanjutnya ekstrak diformulasikan ke dalam basis masker gel peel off yang mengandung variasi konsentrasi PVA (10, 12.5, dan 15%) dan variasi gelling agentkarbomer 940 0,5% atau HPMC 2%. Sediaan yang telah dibuat selanjutnya dievaluasi secara fisik meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, daya sebar dan waktu mengering, kemudian dilakukan uji kesukaan dan uji iritasi sediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun murbei hitam memiliki aktivitas inhibitor enzim tirosinase dengan IC50 sebesar 511,91 ppm. Formulasi dengan hasil evaluasi fisik terbaik dan paling disukai ditunjukkan pada formula dengan PVA 15% dan karbomer 940 0,5%. Hasil uji evaluasi fisik sediaan masker gel peel off yang dibuat cukup stabil dan sediaan aman digunakan pada kulit.
    Kata kunci : ekstrak Morus nigra, inhibitor enzim tirosinase, masker gel peel off.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi