Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3916- Isolasi dan Identifiaksi Senyawa Dalam Fraksi N-Heksan dari Ekstrak Etanol Daun Cincau Hijau (Cyclea Barbata. Miers) (Latifa Nadya Pratama; Prof. Dr. Resmi Mustarichie, M.Sc; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si)


Tanaman banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional yang dipilih masyarakat karena dianggap lebih aman. Salah satu tanaman yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201901743916Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3916
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3916
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tanaman banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional yang dipilih masyarakat karena dianggap lebih aman. Salah satu tanaman yang dijadikan sebagai obat herbal adalah daun cincau hijau (Cyclea barbata. Miers). Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan dipercaya memiliki banyak kegunaan dalam mengobati penyakit, seperti pengobatan demam, radang, kembung (Chalid, 2014). dan terapi kebotakan rambut. Aktivitas farmakologis tersebut diakibatkan karena adanya aktivitas dari senyawa yang terkandung didalam tanaman tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian guna mengetahui senyawa yang terkandung dalam fraksi n-heksan ekstrak daun cincau hijau. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap seperti ekstraksi dengan pelarut etanol 96%, fraksinasi menggunakann-heksan dan aquadest dengan metode ECC, isolasidan pemurnian (Kromatografi Cair Vakum, Kromatografi Kolom dan KLT Preparatif), uji kemurnian dengan KLT 2 Dimensi dan identifikasi isolat menggunakan penampak bercak spesifik dan menggunakan instrumen spektroskopi inframerah dan LCMS. Dari penelitian ini dihasilkan isolatdengan pemerian berupa serbuk berwarna putih sebanyak 1,2 mg. isolat merupakan golongan senyawa alkaloid, berat molekul 340.1442 m/z dengan prediksi rumus kimia C22H18N3O.
    Kata Kunci : Cyclea barbata. Miers, Isolasi, alkaloid.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi