Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3929- Studi Karakteristik Bahan Baku Amoksisilin Trihidrat Untuk Tablet Asi (Yasri Husaironi Mufti; Dr. Yoga Windhu Wardhana, M.Si; Didi Jauhari Purwadiwarsa, S.Si)


Mutu merupakan hal penting agar produk obat yang diterima konsumen aman, bermutu, dan berkhasiat dimana pemastian mutu bahan baku dilakukan pengujian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201901873929Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3929
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3929
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Mutu merupakan hal penting agar produk obat yang diterima konsumen aman, bermutu, dan berkhasiat dimana pemastian mutu bahan baku dilakukan pengujian kesesuaian bahan yang diterima dengan persyaratan kompendial. Dalam penelitian dan pengembangan formula obat dengan pendekatan trial and error tidak jarang menghabiskan bahan yang banyak dan biaya yang mahal. Hal ini terjadi karena pemahaman mengenai bahan yang kurang. Dewasa ini terdapat pendekatan lain dalam proses penelitian dan pengembangan formula, yaitu metode strategi hemat bahandengan cara mengkarakterisasi masing-masing bahan dalam formula. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui kesesuaian bahan amoksisilin trihidrat (AMT) dengan persyaratan dan mengarakterisasi bahan AMT untuk tabletasi.Uji kesesuaian AMT sampel dengan standar melalui pengujian pemerian, pH, FTIR, PXRD, dan TGA serta karakterisasi bahan untuk tablet asi meliputi laju alir, kompresibilitas, kelarutan, dan disolusi. Berdasarkan hasil uji, didapatkan bahan AMT sampel sesuai dengan standar. Adapun karakter AMT untuk tabletasi didapatkan sifat alir baik dengan nilai laju alir :6.29 g/det ± 1.01 dan sudut istirahat 32o, daya kompresibilitas kurang dengan nilai indeks carr dan rasio hausner sebesar 22.86 dan 1.296. Profil kelarutan pada pH 1.2, 4.5, dan 6.8 secara berturut-turut adalah 8.31 mg/ml, 3.13 mg/ml, dan 5.33 mg/ml serta profil disolusi yang sebanding dengan profil kelarutannya. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengembangan formula sediaan tablet AMT.
    Kata kunci : amoksisilin trihidrat (AMT), tabletasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi