Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T190- Pengaruh Cost Of Illness dan Drug Related Problems Terhadap Kualitas Hidup Pasien Rawat Jalan CKD On HD Menggunakan Instrumen EQ-5D-5L (Dani Sumaryadi; Prof. Dr. Ahmad Muhtadi, MS: Dra. Sri Hartini, M.Si)


Chronic Kidney Disease (CKD)On Haemodialysis (HD) berdasarkan prevalensi akan meningkatkan pembiayaan kesehatan Cost Of illness (COI) untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20190345T190Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T190
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T190
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Chronic Kidney Disease (CKD)On Haemodialysis (HD) berdasarkan prevalensi akan meningkatkan pembiayaan kesehatan Cost Of illness (COI) untuk pengobatan penyakit tersebut. Pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pembiayaan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Rujukan menggunakan tarif Indonesian Case Based Groups (INA-CBGs), tetapi seringkali biaya rumah sakit lebih besar dari tarif INA-CBGs. PasienCKD On HD umumnya mengalami perubahan parameter farmakokinetikdengan regimen terapi yang kompleks, sehingga berpotensi terjadi Drug Related Problems (DRPs). HD berhubungan dengan morbiditas, mortalitas, dan kualitas hidup yang lebih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data besaran total COI berdasarkan perspektif pelayanan kesehatan dengan metode cost analysis dan jenis DRPs yang terjadi selama menjalani terapi dengan metode SOAP, serta menelaah kualitas hidup berdasarkan pengaruh COI dan DRPsdengan instrumen EQ-5D-5L.Penelitian ini bersifat cross-sectional dilakukan multicenter pada dua rumah sakit, dengan merekrut 50 pasien yang masuk kriteria inklusi.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh data COI per bulan dilihat dari biaya RS dan tarif INA-CBGs pada RS tipe C adalah Rp. 9.827.960-Rp.9.251.352dan RS tipe B adalah Rp.9.845.427-Rp.10.358.227. Data kejadianDRPs Rs C dan B adalahkepatuhan 22(81%)-17(74%), indikasi yang tidak ditangani 18(67%)-10(43%), penggunaan obat tanpa indikasi 2(7%)-0(0%), dan interaksi obat 1(2%)-0(0%).COIdan DRPs mempengaruhi kualitas hidup pasien padaRS tipe C dan B berdasarkan nilai utility < 0,9 , sedangkan nilai EQ-VAS 68,7%-62,8%. COI yang mempengaruhi kualitas hidup adalah COI RS tipe C (p-value ≤ 0,05)dan DRPstidak mempengaruhi kualitas hidup. COIdan DRPspada RS tipe B tidak mempengaruhi kualitas hiduppasien CKD On HD(p-value≥0,05).
    Kata kunci: CKD,HD,COI, INA-CBGs, DRPs, EQ-5D-5L, kualitas hidup
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi