Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3992- Formulasi Sediaan Body Lotion Antioksidan Ekstrak Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa Linn.) (Pradita Rizki Iriani; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si; Cahya Khairani K., S.Si)


Kulit berfungsi melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, polusi udara dan polutan lain yang dapat menginduksi pembentukan radikal bebas. Radikal ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201903523992Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3992
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3992
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kulit berfungsi melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, polusi udara dan polutan lain yang dapat menginduksi pembentukan radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan kerusakan kulit seperti kanker. Tumbuhan rosela memiliki kandungan senyawa flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai IC50 ekstrak kelopak bunga rosela, serta mengetahui formulasi dan aktivitas antioksidan sediaan body lotion ekstrak kelopak bunga rosela yang aman dan stabil secara fisik. Metode yang digunakan yaitu eksperimental laboratorium. Ekstraksi dilakukan dengan metode digesti pada ekstraktor skala pilot dengan pelarut etanol 20% pada suhu 35oC dan dipekatkan pada suhu 37oC. Aktivitas antioksidan dari ekstrak ditentukan melalui metode 2,2-difenil-1-pikrilhidrazil (DPPH) dengan vitamin C sebagai pembanding. Formulasi basis lotion terdiri dari gliseril monostearat, cera alba, parafinum liquidum, tween 80, gliserin, nipagin dan nipasol yang dibuat dengan variasi konsentrasi gliseril monostearat masing-masing sebesar 5%, 6%, dan 7%. Ekstrak diformulasikan ke dalam formula dengan variasi konsentrasi ekstrak masing-masing sebesar 1xIC50, 3xIC50, dan 5xIC50. Stabilitas fisik sediaan meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, dan daya sebar yang dilakukan selama 21 hari pada suhu penyimpanan 25oC dan 40oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kelopak bunga rosela dan vitamin C memiliki nilai IC50sebesar524,38 ppm dan 5,98 ppm.Hasil IC50sediaan lotion F1, F2 dan F3 masing-masing sebesar 388,08 ppm, 363,7 ppm dan 313,74 ppm. Berdasarkan data hasil stabilitas fisik ketiga formulasi sediaan dinyatakan stabil dengan aktivitas antioksidan paling besar yaitu pada sediaan F3 (basis lotion gliseril monostearat 7% dan konsentrasi ekstrak 5x IC50).
    Kata kunci: Antiokdisan, DPPH, ekstrak kelopak bunga rosela, lotion
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi