Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T200- Profil Apolipoprotein Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Terkontrol dan Tidak Terkontrol (Wakhid Rizka Saputra; Irma Melyani P, M.T., Ph.D; Dr. Dwi Yuniaty Daulay, M.Kes)


DM tipe 2 penyakit metabolik yang sering disertai dengan komplikasi. Kondisi hiperglikemia kronis pada DM Tipe 2 dapat meningkatkan intraselular ROS ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20190425T200Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T200
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T200
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • DM tipe 2 penyakit metabolik yang sering disertai dengan komplikasi. Kondisi hiperglikemia kronis pada DM Tipe 2 dapat meningkatkan intraselular ROS dan menurunkan fungsi mitokondria untuk melepaskan ATP sehingga akan mengganggu sekresi insulin. Mekanisme peningkatan stress oksidatif akibat kondisi hiperglikemia dapat menyebabkan komplikasi baik mikrovaskular maupun makrovaskular. Pada DM Tipe 2 dapat terjadi dislipidemia yang ditandai dengan konsentrasi trigliserida plasma yang tinggi, HDL yang rendah, dan meningkatnya konsentrasi small dense LDL. Penyebab utama dislipidemia adalah peningkatan asam lemak bebas dari sel lemak yang mengalami resitensi insulin. Apolipoprotein penting dalam menjaga integritas struktural dan kelarutan lipoprotein, memainkan peran penting dalam ikatan dengan reseptor lipoprotein dan regulasi enzim tertentu dalam metabolisme lipoprotein. Rancangan penelitian merupakan penelitian observasional dengan pendekatan studi potong lintang. Subyek penelitian adalah 70 Subjek yang menderita DM tipe 2, berusia antara 35-65 tahun, dan telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan nilai HbA1c, yakni DM tipe 2 terkontrol (HbA1c ≤7%) sebanyak 32 orang, dan DM tipe 2 terkontrol (HbA1c >7%) sebanyak 38 orang. Pada penelitian ini ingin dilihat apakah terdapat perbedaan profil apolipoprotein (Apo AI, Apo AII, Apo B100, Apo CII, Apo CIII, Apo D, Apo E, Apo E4, Apo H, Apo J, dan Apo M) pada DM tipe 2 terkontrol dan DM tipe 2 tidak terkontrol. Penelitian dilakukan pada bulan Juni - Juli 2019 di laboratorium Klinik Prodia Jakarta, Bandung, dan Semarang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi apolipoprotein pada kelompok DM tipe 2 terkontrol dan DM tipe 2 tidak terkontrol dengan berturut turut Apo B (p=0.003*), Apo D (p=0.004*), Apo CII (p=0.010*), dan Apo CIII (p=0.042*), Setelah dilakukan uji korelasi didapatkan Apo B (p =0.001*) dan Apo D (p = 0.017*) berkorelasi positif signifikan dengan HbA1c. Terdapat perbedaan profil apolipoprotein pada diabetes terkontrol dan tidak terkontrol sehingga dapat digunakan sebagai penanda komplikasi.
    Kata kunci: diabetes melitus tipe 2, HbA1c, profil apolipoprotein, komplikasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi