Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T201-Upaya Peningkatan Kelarutan dan Sifat Mekanik Karvedilol Menggunakan Pendekatan Multikomponen Kristal (Tazyinul Qoriah Alfauziah; Dr. Dolih Gozali, MS; Dr. Iyan Sopyan, M.Si)


Karvedilol (CVD) merupakan salah satu antihipertensi yang memiliki kelarutan rendah, sekitar 0,58 mg/l. Berdasarkan klasifikasi Biopharmaceutical ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20190426T201Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T201
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T201
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Karvedilol (CVD) merupakan salah satu antihipertensi yang memiliki kelarutan rendah, sekitar 0,58 mg/l. Berdasarkan klasifikasi Biopharmaceutical Classification System (BCS), CVD termasuk ke dalam BCS kelas 2. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan multikomponen kristal dari CVD menggunakan nikotinamid (NIC), asam fumarat (FUM), asam tartarat (TAR), dan asam suksinat (SUC) sebagai koformer dengan perbandingan mol 1:1, 1:2, dan 2:1. Preparasi multikomponen kristal dilakukan dengan metode penguapan pelarut, menggunakan metanol. Skrining koformer yang menghasilkan multikomponen kristal diprediksi menggunakan software AutoDock. Evaluasi multikomponen kristalyang terbentuk diuji menggunakan kelarutan jenuh,kelarutan fasa, dan disolusi intrinsik. Evaluasi tersebut menunjukkan CVD-NIC 1:2, CVD-FUM 1:2, CVD-SUC 1:2, dan CVD-TAR 2:1 yang memiliki kelarutan yang paling baik. Tahapan karakterisasi yang digunakan adalah PXRD, DSC, dan FTIR.Berdasarkan difraktogram, multikomponen kristalmemberikan pola difraktogram yang berbeda dibandingkan dengan komponen penyusunnya. Pada termogram, terjadi penurunan titik leleh dan heat of melting yang memberikan dampak pada peningkatan kelarutan multikomponen kristal.Berdasarkan spektrum FTIR, teramati adanya pergeseran sebagai interaksi hasil ikatan synthon di bilangan gelombang 1650 – 1550 cm-1. Tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan profil kompresibilitas dan tabletabilitas multikomponen kristal terpilih, yaitu CVD-NIC 1:2 dan CVD-FUM 1:2.Terlihat bahwa sifat mekanik keduanya meningkat berdasarkan indeks kompresibilitas, rasio Hausner dan sudut istirahat. Berdasarkan profil tabletabilitas, CVD-NIC dan CVD-FUM mengalami deformasi plastis. Dengan demikian, pendekatan multikomponen kristal pada karvedilol dengan asam fumarat dan nikotinamid sebagai koformer merupakan upaya yang potensial untuk memperbaiki sifat fisikokimianya, khususnya kelarutan.
    Katakunci : karvedilol, kelarutan, multikomponen kristal
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi