Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4001- Formulasi Sediaan Granul Instan Ekstrak Alga Merah (Gracilaria sp.) Sebagai Antibakteri Terhadap Staphylococcus epidermidis (Desi Mariana Purba; Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes; Patihul Husni, M.Si)


Alga merah (Gracilaria sp.) merupakan biota laut terbanyak di perairan Indonesia yang diketahui mengandung senyawa metabolit sekunder Alkaloid, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201904304001Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4001
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4001
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Alga merah (Gracilaria sp.) merupakan biota laut terbanyak di perairan Indonesia yang diketahui mengandung senyawa metabolit sekunder Alkaloid, Flavonoid, Saponin, Monoterpenoid danSeskuiterpenoid. Ekstrak Gracilaria sp. diketahui memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus epidermidis dengan konsentrasi KHTM 3,75-7,5%. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk membuat formula Gracilaria sp. yang tepat sebagai antibakteri. Pada penelitian ini dibuat tiga jenis formula granul instan ekstrak Gracilaria sp. dengan konsentrasi 7,5%. Hasil pemeriksaan kualitas granul instan ektrak Gracilaria sp. menunjukkan bahwa ketiga formula yaitu Formula I, Formula II dan Formula III dengan variasi kadar pemanis sukrosa dan aspartam, berturut-turut adalah 30% dan 5%, 35% dan 4%, 40% dan 3%, memiliki kualitas yang baik sesuai dengan persyaratan farmasetika yaitu parameter kecepatan alir, sudut istirahat, kadar kelembaban, waktu larut dan pH larutan. Formula terbaik berdasarkan persyaratan farmasetika adalah Formula III. Hasil uji kesukaan menunjukkan bahwa Formula III adalah formula yang paling disukai. Hasil pengujian aktivitas antibakteri dari ketiga formula menunjukkan tidak ditemukan adanya zona hambat terhadap Staphylococcus epidermidis.
    Kata kunci: Gracilaria sp., Granul instan, Antibakteri, Staphylococcus epidermidis
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi