Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4014- Identifikasi Kuersetin dan Kadar Fenolat Total Dalam Ekstrak Etanol dan Fraksi Etil Asetat Rimpang Temu Putih (Curcuma zedoaria (Christm) Rosc.) (Hilma Awalia Rahmah; Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Mutakin, Ph.D., M.Si)


Tanaman temu putih (Curcuma zedoaria (Christm) Rosc.) dari genus Curcuma secara empirik dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000214014Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4014
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4014
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tanaman temu putih (Curcuma zedoaria (Christm) Rosc.) dari genus Curcuma secara empirik dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek dan garis keriput serta mengurangi jerawat.Tanaman ini terbukti mengandung flavonoid dan polifenol, yang memiliki aktivitas antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa kuersetin yang termasuk ke dalam golongan polifenol menggunakan LC-MSdan menghitung kadar fenolat total di dalam ekstrak etanol dan fraksi etil asetat rimpang temu putih menggunakan pereaksi Folin-Ciocalteu. Kuersetin digunakan sebagai pembanding. Hasil penapisan fitokimia ekstrak etanol dan fraksi etil asetat rimpang temu putih memberikan reaksi positif terhadap flavonoid dan polifenol. Kromatogram LC ekstrak etanol dan fraksi etil asetat rimpang temu putih tidak menunjukkan puncak kuersetin pada waktu retensi 7,74 menit (waktu retensi baku kuersetin = 7,74 menit), namun spektrum MS pada waktu retensi tersebut menunjukkan puncak m/z303,1122 dan 303,1829 dengan ion molekul [M+H]+ yang menyerupai ion molekul [M+H]+baku kuersetin (m/z 303,1057). Kadar fenolat total ekstrak etanol dan fraksi etil asetat rimpang temu putih setara dengan 17,918 mg/g kuersetin dan 22,540 mg/g kuersetin.
    Kata Kunci : C. zedoaria, kuersetin, kadar fenolat, pereaksi Folin-Ciocalteu
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi