Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4017- Studi aktivitas Antihiperglikemik Ekstrak Etanol Lima Jenis Daun Mangga Pada Mencit Yang Diinduksi Glukosa (Bunga Dacilia Harsanti; Prof. Dr. Ahmad Muhtadi, MS; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si)


Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemik). Akibat prevalensi penyakit diabetes ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000244017Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4017
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemik). Akibat prevalensi penyakit diabetes yang terus meningkat, penelitian mengenai obat alternatif untuk diabetes terus dikembangkan. Salah satunya adalah daun mangga. Pada penelitian sebelumnya diketahui bahwa ekstrak etanol daun mangga (Mangifera indica L.) pada dosis 300 mg/kgBB memiliki aktivitas antihiperglikemik paling baik dibandingkan dengan 9 tanaman lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas antihiperglikemik terbaik dari ekstrak etanol lima jenis daun mangga pada mencit putih jantan galur Swiss webster yang diinduksi glukosa. Kelima jenis daun mangga yang digunakan adalah mangga madu (Mangifera altissima Blanco.), daun mangga apel (Mangifera indica L.), daun mangga lalijiwo (Mangifera lalijiwa Kosterm.), daun mangga kopyor (Mangifera laurina Blume.), dan daun mangga manalagi (Mangifera indica L.). Kadar gula dalam darah diukur menit ke-30, 60, 90 dan 120 setelah mencit diinduksi glukosa 2g/kgBB secara peroral. Pengukuran kadar gula darah dilakukan menggunakan glukometer dengan metode enzimatik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa masing-masing ekstrak etanol dari lima jenis daun mangga memiliki aktivitas antihiperglikemik terhadap mencit yang diinduksi glukosa karena memberikan perbedaan yang bermakna terhadap penurunan kadar gula darah dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif di setiap waktu pengamatan dan ekstrak etanol daun mangga madu, pada dosis 300 mg/kgBB memberikan aktivitas antihiperglikemik paling baik dengan presentase penurunan kadar rata-rata gula darah relatif (%P) paling tinggi di menit ke-60 sebesar 49,83%, pada menit ke-90 sebesar 41,71% dan pada menit ke-120 sebesar 33,28% dibandingkan dengan kelompok uji lainnya.
    Kata Kunci: Diabetes melitus, Hiperglikemik, Gula darah, Daun Mangga
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi