Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4024- Karakterisasi Fisikokimia 99m Teknesium Genistein Sebagai Senyawa Diagnosis Kanker Payudara (Nita Listiani; Danni Ramdhani, M.Si; Maula Eka Sriyani, M.Si)


Kanker merupakan kondisi pertumbuhan sel abnormal yang dapat menyebar ke jaringan sehat lainnya. Hasil penelitian Riskesdas tahun 2018 menunjukan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000314024Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4024
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4024
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker merupakan kondisi pertumbuhan sel abnormal yang dapat menyebar ke jaringan sehat lainnya. Hasil penelitian Riskesdas tahun 2018 menunjukan peningkatan prevalensi kanker 1,79 per 1000 penduduk di Indonesia dan kanker payudara memiliki prevalensi tertinggi yaitu 17%. Pemanfaatan teknologi nuklir dengan penandaan senyawa menggunakan radioaktif teknesium-99m telah banyak dikembangkan untuk diagnosis maupun terapi. Senyawa genistein memiliki peran penting dalam aktivitas biologis yang relatif luas terkait dengan berbagai jenis kanker terutama pada kanker payudara karena memiliki aktivitas modulator reseptor estrogen selektif (SERMs), aktivitas antioksidan serta inhibitor proliferase. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari radiofarmaka 99mTc-Genistein yang bermanfaat untuk menjamin kualitas dan keamanan dari sediaan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan preparasi sampel, pengujian kemurnian radiokimia, stabilitas, penentuan lipofilisitas, penentuan ikatan protein plasma dan muatan listrik. Hasil pengujian diperoleh karakterisasi fisikokimia 99mTc-Genistein menunjukan kemurnian radiokimia sebesar 93,25% ± 0,30% stabilitas pada suhu ruang selama 2 jam setelah inkubasi dan tidak stabil pada plasma darah, ikatan protein plasma sebesar 75,29±2,59%, log P -0,771 ± 0,12 serta tidak bermuatan (netral).
    Kata kunci: Kanker, Kanker payudara, Karakterisasi fisikokimia, 99mTc-Genistein
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi