Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4025- Produksi Fluorine18-Sodium Fluoride Sebagai Agen Pencitraan Alternatif di RS Kanker Dharmais Jakarta (Danaparamita Bashirah; Prof. Dr. Resmi Mustarichie, M.Sc; Nurhuda, M.Farm)


Kanker disebut sebagai salah satu penyakit di Indonesia yang memiliki angka kejadian yang tinggi. Penyakit tulang metastasis merupakan penyakit yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000324025Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4025
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4025
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker disebut sebagai salah satu penyakit di Indonesia yang memiliki angka kejadian yang tinggi. Penyakit tulang metastasis merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada sistem skeletal. Diagnosis dini terhadap penyakit tulang metastasis merupakan langkah yang penting dalam manajemen kanker karena dapat menyebabkan adanya beragam komplikasi. Pemeriksaan menggunakan Positron Emission Tomography (PET) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Sejauh ini, 99mTc paling sering digunakansebagai agen pencitraan tulang, namun dengan kebutuhan yang tinggi, 99mTc sangat sulit untuk didapat. Oleh karena itu, maka munculkebutuhan yang tinggi terhadap alternatif dari99mTc. Fluorine18-Sodium Fluoride (18F-NaF) pun disebut dapat menjadi alternatif 99mTc sebagai agen pencitraan. Tetapi, walaupun membawa manfaat yang sangat besar, aplikasi ketenaganukliran memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat dilakukannya produksi 18F-NaF yang sederhana sehingga 18F-NaF dapat diproduksi mandiri serta besifat semi automatis guna mengurangi paparan radiasi terhadap personel. Adapun hasil dari pemeriksaan pemeriksaan mutu sesuai dengan kriteria yang telah ada. Produk 18F-NaF yang dihasilkan dengan konsentrasi 13,6 mCi/mL, jernih, tak berwarna, dan bebas partikel, memiliki pH 6,5, terdapat puncak spektrum pada 534,1024 keV, waktu paruh 110,3 menit, tidak memiliki puncak lain, kemurnian radiofarmaka sebesar 99,60%, juga steril.
    Kata kunci: Radiofarmaka, Fluorine18-Sodium Fluoride, Positron Emission
    Tomography
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi