Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4027- Pemanfaatan Selulosa Mikrokristal Asal Tanaman Rami (Boehmeria nivea L. Gaud) Sebagai Bahan pengikat Pada Tablet Teofilin (Atharia Refi Khairani Nasution; Prof. Dr. Marline Abdassah, MS; Dr. Iyan Sopyan, M.Si)


Selulosa merupakan sumber bahan baku untuk pembuatan selulosa mikrokristal yang biasanya diperoleh dari kayu pohon. Namun, penebangan pohon untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000344027Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4027
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4027
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Selulosa merupakan sumber bahan baku untuk pembuatan selulosa mikrokristal yang biasanya diperoleh dari kayu pohon. Namun, penebangan pohon untuk memperoleh kayu tersebut berdampak negatif bagi lingkungan. Saat ini penggunaan sumber selulosa non kayu telah mendapat perhatian besar guna menurunkan dampak buruk bagi lingkungan. Tanaman rami merupakan tanaman yang mengandung selulosa tinggi sehingga dapat menjadi alternatif pengganti kayu pohon untuk diisolasi menjadi selulosa mikrokristal. Selain itu, tanaman rami memiliki kelebihan pertumbuhan vegetatifnya lebih cepat, tersedia banyak, dan mudah diperoleh. Selulosa mikrokristal berfungsi sebagai eksipien dalam proses pembuatan tablet, salah satunya sebagai bahan pengikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi optimum selulosa mikrokristal asal tanaman rami yang dapat digunakan sebagai bahan pengikat pada pembuatan tablet teofilin dengan metode granulasi basah serta mengetahui karakteristik tablet teofilin dengan selulosa mikrokristal asal tanaman rami sebagai pengikat dibandingkan dengan Avicel®PH 101 sebagai pengikat yang dibuat dengan metode granulasi basah. Metode penelitian ini meliputi preparasi serat rami, isolasi selulosa α, isolasi selulosa mikrokristal, karakterisasi selulosa mikrokristal, formulasi tablet, evaluasi massa cetak, dan evaluasi tablet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi terbaik dari selulosa mikrokristal asal tanaman rami sebagai pengikat yaitu 30%. Selanjutnya selulosa mikrokristal tersebut dibandingkan dengan pengikat yang biasa digunakan yaitu Avicel® PH 101. Hasil pengujian secara keseluruhan menunjukkan selulosa mikrokristal asal tanaman rami mampu memberikan daya ikat yang hampir sama dengan Avicel® PH 101.
    Kata kunci : rami, selulosa mikrokristal, pengikat, granulasi basah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi