Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4028- Karakterisasi Sifat Fisikokimia Kappa Karagenan Hasil Esterifikasi Sebagai Bahan Pengikat Dalam Sediaan Tablet (Nadya Galuh Kurniasari; Prof. Dr. Marline Abdassah, MS; Dr. Sandra Megantara, M.Farm)


Pengikat merupakan salah satu zat eksipien yang penting pada pembuatan tablet karena dapat memperbaiki laju alir serbuk. Salah satu zat yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000354028Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4028
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4028
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengikat merupakan salah satu zat eksipien yang penting pada pembuatan tablet karena dapat memperbaiki laju alir serbuk. Salah satu zat yang berpotensi menjadi pengikat adalah karagenan karena mempunyai sifat hidrogel. Namun, gel yang dibentuk olehkappa karagenan memiliki konsistensi yang kaku dan padat yang berpengaruh kepada sifat dan homogenitas pengikatan kappa karagenan. Sehingga diperlukan modifikasi pada kappa karagenan untuk meningkatkan daya gelasi dari kappa karagenan. Salah satu metode modifikasi yang dapat dilakukan yaitu dengan esterifikasi. Modifikasi kappa karagenan dilakukan dengan cara mereaksikan kappa karagenan dengan asam lemak pada suhu 80 C selama 6 jam untuk menghasilkan kappa karagenan ester. Lalu dikarakterisai dengan analisis FTIR, uji organoleptis (bentuk dan warna), pH, viskositas, uji kekerasan dan kekuatan gel, uji sineresis, swelling ratio, dan water binding capacity untuk melihat sifat gel yang dibentuk oleh kappa karagenan dan kappa karagenan hasil esterifikasi. Dan dilanjutkan dengan formulasi tablet. Berdasarkan hasil pengujian karaterisasi sifat gel, meunjukkan bahwa penmbahan gugus ester pada kappa karagenan dapat membuat konsistensi gel menjadi lebih lunak. Formulasi tablet dilakukan dengan metode granulasi basah menggukanan zat aktif dimenhidrinat. Tablet yang dihasilkan oleh pengikat kappa karagenan hasil esterifikasi memiliki kekerasan, waktu hancur, dan % disolusi yang lebih baik dari tablet yang dihasilkan oleh pengikat kappa karagenan.
    Kata kunci : Karagenan, Ester,Karakterisasi, Pengikat.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi