Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4036- Sintesis Sorben MI-SPE Diazepam Dengan Monomer Asam Metakrilat dan Hidroksi Etil Metakrilat Dalam Porogen Kloroform Menggunakan Metode Polimerisasi Ruah (Michelle Ferdinand; Dr. Aliya Nur Hasanah, M.Si; Dr. Rimadani Pratiwi, M.Si)


Diazepam adalah golongan benzodiazepin yang penggunaannya diawasi secara nasional maupun global. Obat ini dapat digunakan untukmengatur pola tidur ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000804036Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4036
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4036
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Diazepam adalah golongan benzodiazepin yang penggunaannya diawasi secara nasional maupun global. Obat ini dapat digunakan untukmengatur pola tidur atau untuk obat sedatif hipnotik karena memiliki efek menenangkan. Pada tahun 2016, penggunaan terhadap diazepam yang disalahgunakan mencapai 7,69 %. Monitoring penyalahgunaan diazepam memerlukan metode analisis yang sensitif sehingga dibutuhkan metode preparasi selektif. Salah satu metode yang saat ini berkembang adalahMoleculary Imprinted Polymer-Solid Phase Extraction (MI-SPE). Tahapan yang dilakukan meliputi penentuan konstanta asosiasi, pembuatan sorben MI-SPE diazepam metode polimerisasi ruah dengan diazepam sebagai template, porogen kloroform, serta monomer asam metakrilat dan hidroksi etil metakrilat (HEMA).Template diekstraksi dari polimer yang dilanjutkan dengan evaluasi uji kemampuan adsorpsi, uji kapasitas dan selektivitas MI-SPE, serta karakteristik MI-SPE menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR), danScanning Electron Microscope (SEM). Hasil menunjukkan bahwa MIP diazepam monomer asam metakrilat mempunyai kapasitas7,954E-5 mg/g yang lebih baik dibandingkan MIP diazepam monomer HEMA dengan kapasitas adsorpsi sebesar 7,479E-6 mg/g. SelektivitasMIP diazepam monomer asam metakrilat yang lebih baik dibandingkan dengan nilai IF sebesar 2,13 sedangkan pada MIP monomer HEMA dengan nilai IF sebesar 1,21.Selain itu, MIP diazepam monomer asam metakrilat memiliki rongga yang lebih heterogen dibandingkan NIP.
    Kata Kunci : Diazepam, Moleculary Imprinted Polymer- Solid Phase Extraction (MI-SPE), asam metakrilat, hidroksi etil metakrilat (HEMA), kloroform.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi