Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T209- Defined Daily Doses (DDD) Meropenem dan Tingkat Kepekaan Acinetobacter baumannii Terhadap Meropenem Pada Pasien Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung Periode Agustus 2017-Agustus 2018 (Yuyun Wahyuni; Dr. Tiana Milanda, M.Si; Prof. Dr. Ida Parwati, dr., Sp. PK(K)., Ph.D)


Acinetobacter baumannii resistan karbapenem (Carbapenem resistance Acinetobacter baumannii/CRAB) merupakan salah satu bakteri penyebab resistensi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20200091T209Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T209
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T209
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Acinetobacter baumannii resistan karbapenem (Carbapenem resistance Acinetobacter baumannii/CRAB) merupakan salah satu bakteri penyebab resistensi karbapenem yang sudah menyebar hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hospital acquired pneumonia merupakan penyakit tersering yang disebabkan oleh CRAB. Karbapenem (terutama imipenem dan meropenem) merupakan golongan antibiotik pilihan utama yang dipakai untuk mengobati pada pasien pneumonia yang disebabkan oleh bakteri A. baumannii. Pemakaian antibiotik meropenem di ICU sangat tinggikarena dibutuhkan untuk pengelolaan infeksi berat. Namun penggunaan yang tidak bijak memicu peningkatan resistensi. Akhir-akhir ini telah banyak ditemukan A. baumannii yang telah resisten meropenem, terutama pada pasien yang menggunakan alat-alat invasif seperti ventilator, kateter, pasien dengan sistem imunitas yang rendah dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisiskepekaan bakteri A. baumannii terhadap antibiotik meropenem dan mendapatkan data tentang kuantitas antibiotik meropenem dengan menghitungDDD antibiotik meropenem di ruang ICU RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung periode Agustus 2017-Agustus 2018. Penelitian dilakukan sejak bulan Januari sampai Mei 2019 di Departemen Patologi Klinik RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.Penelitian deskriptif analisis terhadap kuantitas penggunaan meropenem dilakukan secara retrospektif, sampel yang diambil dengan caratotal sampling. Hasil penelitian menunjukkan Secara kuantitatif dari 190 catatan medik didapatkan total penggunaan antibiotik meropenem sebesar 7,17 DDD/100 hari rawat. Persentase resistensidari 208 isolat A. baumannii yang teridentifikasi, didapatkan A. baumannii resisten meropenem sebanyak 84.6% (176 isolat), sedangkan A. baumannii sensitif meropenem sebanyak 15.4% (32 isolat). Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwaDDD meropenem di Ruang inap ICU RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung melebihi standar WHO, dan terdapat kasus-kasus resistensi meropenem yang semakin meningkat.
    Kata kunci: Carbapenem resistance Acinetobacter baumannii, Hospital AcquiredPneumonia,meropenem, DD
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi