Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4037- Kadar Kuersetin dan Fenolat Total Ekstrak Etanol Rimpang Temu Giring (Curcuma heyneana Valeton & Zijp) (Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Mutakin, Ph.D., M.Si)


Temu giring (Curcuma heyneana, Valeton & Zijp) merupakan salah satu tanaman familiZingiberaceae. Beberapa penelitian menyatakan bahwa temu giring ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202000964037Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4037
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4037
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Temu giring (Curcuma heyneana, Valeton & Zijp) merupakan salah satu tanaman familiZingiberaceae. Beberapa penelitian menyatakan bahwa temu giring memiliki aktivitas antioksidan yang cukup kuat. Hal ini dikarenakan adanya senyawa polifenol yang terkandung dalam rimpang temu giring. Polifenol dapat menstabilkan senyawa radikal bebas melalui donor proton. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar kuersetin dan fenolat totalyang terdapat dalam rimpang temu giring serta untuk mengetahui adanya pengaruh hidrolisis terhadap kadar kuersetin. Penentuan kadar fenolat dilakukan dengan metode Folin-Ciocalteu dan penentuan kadar kuersetin dilakukan dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Penapisan fitokimia ekstrak etanol rimpang temu giring menunjukkan adanya senyawa flavonoid dan polifenol. Kadar fenolat total dalam ekstak etanol rimpang temu giring setara dengan 83,692 mg kuersetin per gram ekstrak. Persen kadar kuersetin dalam ekstrak rimpang temu giring tanpa hidrolisis yaitu 2,33%. Sedangkan persen kadar kuersetin dalam ekstrak rimpang temu giring dengan hidrolisis yaitu 2,46%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kadar dengan perlakuan hidrolisis.

    Kata Kunci : C. heyneana, kadar fenolat, kuersetin, hidrolisis asam, antioksidan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi