Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4113- Review: Sintesis Senyawa Turunan Andrografolid Pada Gugus Hidroksil C-3 dan C-19 (Sri Indrayani; Dr. Sandra Megantara, M.Farm; Dr. Febrina Amelia Saputri, M.Farm)


Andrografolid merupakan senyawa diterpenoid utama dari tanaman Andrographis paniculata dan telah dikenal memiliki berbagai aktivitas farmakologi. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202001754113Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4113
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4113
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Andrografolid merupakan senyawa diterpenoid utama dari tanaman Andrographis paniculata dan telah dikenal memiliki berbagai aktivitas farmakologi. Andrografolid memiliki struktur menarik yang terdiri dari α-alkiliden γ-butirolakton, dua ikatan olefin pada C-8 and C-12 dan tiga gugus hidroksil. Dari ketiga gugus hidroksil tersebut, salah satunya adalah gugus hidroksil alilik pada C-14 dan yang lainnya adalah gugus hidroksil sekunder dan primer pada C-3 dan C-19.Gugus hidroksil C-3 dan C-19 merupakan gugus yang potensial untuk dimodifikasi. Review ini menjelaskan tentang pentingnya gugus hidroksil andrografolid pada C-3 dan C-19 dan pengaruhnya terhadap aktivitas biologis yang ditimbulkannya. Modifikasi andrografolid pada gugus tersebut dengan menambahkan gugus hidroksibenzaldehid dapat meningkatkan efek farmakologis sebagai anti-HIV. Esterifikasi yang terjadi pada C-3 dan C-19 dapatmeningkatkan aktivitas sebagai antitumor. Penambahan ester aromatik baik di C-3 dan C-19 dapat mengurangi aktivitas senyawa sebagai antitumor. Modifikasi pada gugus tersebut dapat dilakukan dengan mekanisme reaksi substitusi nukleofilik dengan penambahakn katalis dan pemanasan. Pemanasan dengan metode iradiasi microwave memberikan hasil sintesis dengan nilai rendemen yang paling tinggi.


    Kata Kunci: Andrografolid, Andrographis paniculata, gugus hidroksil
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi