Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4123- Review: Artikel: Beberapa Tanaman Dengan Aktivitas Antikanker Terhadap Triple Negative Breast Cancer (TNBC) (Dwi Prihastuti; Dr. Eli Halimah, MS; Raden Bayu Indradi, M.Si)


Kanker payudara menempati urutan kedua sebagai kanker yang umum terjadi. Di Indonesia, kanker payudara memiliki prevalensi tertinggi pada wanita ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202001854123Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4123
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4123
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker payudara menempati urutan kedua sebagai kanker yang umum terjadi. Di Indonesia, kanker payudara memiliki prevalensi tertinggi pada wanita yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk. Triple Negative Breast Cancer (TNBC) merupakan tipe kanker invasif yang memiliki prognosis buruk serta keterbatasan dalam pemilihan terapi. Kemoterapi merupakan salah satu jenis terapi dalam pengobatan TNBC. Kemoterapi bersifat toksik bagi sel kanker maupun sel normal sehingga memicu pencarian alternatif baru dalam pengobatan TNBC yang berasal dari tanaman. Pengkajian terhadap tanaman yang memiliki aktivitas antikanker terhadap TNBC perlu dilakukan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengembangan alternatif baru dalam pengobatan TNBC. Dari hasil penelusuran diperoleh beberapa tanaman yang memiliki aktivitas antikanker terhadap TNBC yaitu Origanum majorana L., Abrus precatorius L., Curcuma longa L., Centipeda minima (L.) A. Braun & Asch., Pandanus amaryllifolius Roxb., Morinda citrifolia L., Vernonia amygdalina.,Annona muricata L., Dicranopteris linearis, Mangifera indica L., dan Dillenia suffruticosa yang memiliki berbagai kandungan kimia serta mekanisme berbeda dalam kematian sel. Terdapat tiga tanaman yang termasuk ke dalam kategori sangat aktif yaitu Centipeda minima (L.) A. Braun & Asch., Annona muricata L, dan Dillenia suffruticosa dengannilai IC50 berturut-turut 5,55; 15; dan 15,2 µg/ml.
    Kata kunci: Tanaman herbal, aktivitas antikanker payudara, Triple Negative Breast Cancer (TNBC)
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi