Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4132- Uji Aktivitas Antikolesterol Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Terpurifikasi Secara In Vitro (Faisal Abdulah; Dr. Riini Hendriani, M.Si; Driyanti Rahayu, MT)


Pengembangan obat alternatif perlu dilakukan untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan selama pengobatan hiperkolesterolemia menggunakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202001944132Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4132
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4132
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengembangan obat alternatif perlu dilakukan untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan selama pengobatan hiperkolesterolemia menggunakan obat sintetis. Katekin dapat menjadi salah satu kandidat obat alternatif karena potensinya dalam mengontrol jumlah kolesterol. Tanaman gambir (Uncaria gambir) mengandung katekin tidak kurang dari 90%, hal ini membuat gambir dapat menjadi pilihan dalam pengujian antikolesterol. Purifikasi dengan pelarut tertentu dapat meningkatkan penarikan senyawa yang dituju. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antikolesterol dari ekstrak gambir terpurifikasi.Purifikasi ekstrak gambir menggunakan n-heksana, etil asetat, dan air untuk meningkatkan jumlah katekin yang diperoleh. Uji antikolesterol ekstrak gambir terpurifikasi secara in vitro menggunakan metode CHOD-PAP dibagi menjadi dua konsentrasi ekstrak, yaitu 1000 ppm dan 100 ppm, kontrol negatif, dan kontrol positif simvastatin dengan waktu inkubasi 30 menit. Hasil konsentrasi katekin dari ekstrak gambir terpurifikasi didapatkan sebesar 91,66%. Hasil pengujian menunjukkan adanya aktivitas antikolesterol dari ekstrak gambir terpurifikasi dengan melihat persen reduksi kolesterol pada ekstrak 1000 ppm sebesar 14% dibandingkan dengan kontrol positif 1000 ppm sebesar 15%.

    Kata kunci : Katekin, Ekstrak Gambir Terpurifikasi, Uji Antikolesterol
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi