Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T214- Kajian Pustaka Mekanisme Molekuler Target dari Tanaman Genus Acalypha Dalam Pencegahan Kanker (Nur Asma S Somadayo; Dr. Eli Halimah, MS; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si)


Telah dilakukan penulisan manuskrip ulasan artikel dengan judul “KAJIAN PUSTAKA: MEKANISME MOLEKULER TARGET DARI TANAMAN GENUSACALYPHA DALAM ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20200197T214Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T214
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T214
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penulisan manuskrip ulasan artikel dengan judul “KAJIAN PUSTAKA: MEKANISME MOLEKULER TARGET DARI TANAMAN GENUSACALYPHA DALAM PENCEGAHAN KANKER”

    Manuskrip berjudul “KAJIAN PUSTAKA:MEKANISME MOLEKULER TARGET DARI TANAMAN GENUSACALYPHA DALAM PENCEGAHAN KANKER” Telah disubmit di jurnal Pharmaceutical Science(https://ps.tbzmed.ac.ir/) jurnal internasional terindeks Scopus-Q2. Tanaman genuspada 14juli 2020 dengan status inreview. Ulasan artikel ini membahas tentang pencarian mekanisme molekuler yang dimiliki oleh tanaman dari Genus Acalypha. Pencarian literatur yang digunakan dalam review ini dilakukan dengan memasukkan beberapa kata kunci pada Google scholar dan PubMed. Ulasan artikel ini membahas tentang kankermerupakan salah satu masalah besar bagi komunitas dunia. Laporan terakhir pada tahun 2018 diperkirakan ada 18 juta kasus kanker di seluruh dunia yang terdiri dari 9,5 juta kasus pada pria dan 8,5 juta kasus pada wanita. Tingginya jumlah kasus kanker yang meningkat setiap tahun merupakan masalah besar bagi dunia,sehingga para ilmuwan mencoba menyelesaikan masalah ini melalui pencarian agen antikanker, salah satunyadari tanaman. Acalypha spmerupakan tanaman diketahui mampu menghambat proliferasi sel kanker dilihat dari nilai IC50. Namun nilai IC50 saja tidak cukup, sehingga pengujian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui mekanisme molekuler yang lebih spesifik dalam menghambat proliferasi sel. Beberapa tanaman Acalypha dilaporkan memiliki mekanisme molekuler spesifik yang berbeda untuk menghambat sel kanker sehingga dilakukan tinjauan literatur yang fokus untuk mempelajari tahapan dalam mencari mekanisme molekuler padatanaman genusAcalypha. Hasil studi literatur diketahui bahwa Mekanisme molekuler dari tanamanAcalypha yaitumenghambat proliferasi sel dengan menginduksi apopotosis melalui aktivasi Caspases-3,8 dan 9, menghambat ekspresi Sp1 (transkripsi protein), aktivasi PARP, induksi DSB dan SSB untuk memecah DNA dan menghambat siklus sel.


    Kata kunci: Acalypha, caspase, mekanisme molekuler, PARP (poly (ADP-ribose) polymerase), siklus sel
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi