Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T216- Kajian Pustaka Teknologi Dispersi Padat Untuk Memperbaiki Kelarutan Obat Antivirus dan Metode Karakterisasi Stabilitas Amorf Dalam Dispersi Padat (Maria Elvina Tresia Butarbutar; Dr. Yoga Windhu Wardhana, M.Si; Nasrul Wathoni, M.Si., Ph.D; Dr. Hestiary Ratih, M.Si)


Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel yang berjudul (1) Solid dispersion technology for improving the solubility of antiviral drugs ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20200199T216Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T216
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T216
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel yang berjudul (1) Solid dispersion technology for improving the solubility of antiviral drugs dan (2) Characterization methods of amorphous form stability in solid dispersion: A review.
    Infeksi virus merupakan masalah kesehatan global yang menjadi penyebab kematian dengan dampak signifikan. Virus yang memiliki kemampuan bereplikasi dengan sangat cepat dapat menyerang bagian manapun dari sel inang. Oleh karena itu, kemanjuran klinis dan ketersediaan hayati dari obat antivirus perlu menjadi perhatian. Sebagian besar obat antivirus dikategorikan dalam Biopharmaceutical Classification System (BCS) kelas II dan IV karena memiliki kelarutan yang rendah sehingga diperlukan pemberian dosis yang sangat besar untuk mencapai efektivitas terapi. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kelarutan adalah dispersi padat. Namun, sistem dispersi padat memiliki kelemahan, yaitu bentuk amorf yang tidak stabil dan cenderung mengalami transformasi ke bentuk kristal stabil. Oleh sebab itu, sistem dispersi padat melibatkan suatu pembawa yang berperan sebagai antiplasticization yang dapat mengurangi mobilitas molekul sehingga mencegah terjadinya nukleasi dan transformasi ke bentuk kristal stabil. Selain itu, pembawa juga dapat meningkatkan daya pembasahan dan kapasitas penyerapan air, serta meningkatkan porositas partikel. Dalam artikel ini akan mengkaji penerapan dispersi padat terkait perkembangan pembawa, mekanisme pelepasan obat dalam sistem dispersi padat, teknologi preparasi dispersi padat, metode karakterisasi stabilitas amorf dalam sistem dispersi padat, dan produk dispersi padat termasuk obat antivirus yang telah beredar dipasaran. Secara keseluruhan, artikel ini dapat memberikan inovasi dibidang penelitian dan pengembangan obat terkait dengan peningkatan kelarutan.

    Kata kunci: Antivirus, kelarutan, teknologi dispersi padat, karakterisasi amorf.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi