Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T218- Kajian Pustaka Peran Human Tyrosinase related Protein (hTYRO) Dalam Melanogenesis Serta Toksisitas Ekstrak Tanaman (Yuniarti Falya; Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Prof. Dr. Sri Adi Sumiwi, MS)


Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) The Active Site of Human Tyrosinase-Related Protein: Can It Be Inhibited by ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20200201T218Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T218
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T218
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) The Active Site of Human Tyrosinase-Related Protein: Can It Be Inhibited by Plants? dan (2)Mini Review: Toxicity Study of Plant Extracts.

    Manuskrip pertamaberjudul The Active Site of Human Tyrosinase-Related Protein: Can It Be Inhibited by Plants? telah diterima di Journal of Advanced Pharmacy Education and Research (JAPER) terindeks Q3-Scopus https://www.scopus.com/sourceid/21100820896?origin=sbrowsepada tanggal 11 April 2020 dan akan diterbitkan secara online pada januari 2021.Ulasan artikel ini membahas tentang tyrosinase-related protein (TYRPs), yang terdapat dalam membran melanosom, diketahui memiliki peran dalam aktivasi dan stabilisasi tirosinase, sintesis melanosom, peningkatan jumlah eumelanin/feumelanin dan berperan dalam mengurangi stres oksidatif akibat efek peroksidase-nya.Selain TYRP,tirosinase merupakan enzim utama yang mengkatalisis laju sintesis melanin, sedangkan downregulasi tirosinase adalah pendekatan yang paling menonjol dalam pengembangan inhibitor melanogenesis. Sisi aktif subdomain TYRP-1 mengandung dua ion zinc, sedangkan sisi aktif tirosinase mengandung dua ion tembaga yang berperan pada fungsi reduksi-oksidasi enzim ini. Di dalam ulasan ini juga dibahas tentang beberapa inhibitor tirosinaseyang sering digunakan sebagai pencerah kulit.
    Manuskrip ulasan kedua berjudul Mini Review: Toxicity Study of Plant Extractstelah dipublikasikan di jurnal internasional ber-ISSN yaitu IOSR-Journal of Pharmacy and Biological Sciences https://www.iosrjournals.org/iosr-jpbs/pages/15(2)Series-1.html. Ulasan inibertujuan memberikan informasi secara komprehensif tentang studi toksisitas tanaman obat yang dipengaruhi beberapa faktor seperti cara pemanenan tanaman, pengerian simplisia, proses ekstraksi tanaman, jumlah dosis uji yang digunakan, kondisi kandang dan pemeliharaan hewan uji, berat badan dan organ, pengambilan serum dan isolasi organ, pemeriksaan biokimia, hematologi dan parameter histopatologi. Dapat dikatakan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam studi toksisitas adalah jumlah dosis ekstrak tanaman.
    Kata Kunci:flavonoid, melanin, melanogenesis, tirosin, tyrosinase related protein; toksisitas akut, toksisitas subkronik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi