Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4179- Uji Kemurnian Radiokimia Kit Sestamibi Difraksinasi Dengan Penandaan 99mTc Dosis Bertingkat (Siti Sarah Alfathonah; Prof. Muchtaridi, Ph.D., M.Si; Dra. N. Elly Rosilawati, M.H.Kes., M.Farm)


Penyakit jantung koroner dapat dideteksi dengan pemeriksaan Sidik Perfusi Miokard (SPM). SPM dilakukan dengan menginjeksikan radiofarmaka ke dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202100624179Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4179
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4179
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penyakit jantung koroner dapat dideteksi dengan pemeriksaan Sidik Perfusi Miokard (SPM). SPM dilakukan dengan menginjeksikan radiofarmaka ke dalam tubuh pasien. 99mTc-sestamibi merupakan radiofarmaka yang biasa digunakan dalam pemeriksaan SPM. Satu kit sestamibi tersedia dalam multidosis, tetapi biaya pemeriksaan akan mahal jika hanya digunakan untuk satu pasien. Salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi biaya melakukan fraksinasi kit sestamibi sebelum ditandai dengan 99mTc. Uji kendali kualitas radiofarmaka harus dilakukan sebelum diberikan kepada pasien, salah satunya kemurnian radiokimia. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kemurnian radiokimia kit sestamibi difraksinasi yang ditandai dengan 99mTc dosis 100 mCi, 150 mCi dan 200 mCi. Kit sestamibi sebanyak 3 vial difraksinasi dengan menambahkan 3 mL larutan NaCl 0,9% pada masing – masing vial dan dibagi menjadi 6 vial baru. Kemurnian radiokimia diukur menggunakan metode kromatografi lapis tipis (KLT). Hasil penelitian yang didapatkan Rf 99mTc-sestamibi pada jam ke 0, 1, 2, 3 dan 6 setelah penandaan dengan 99mTc pada rentang 0,3 – 0,5 dan persentase kemurnian radiokimia 99mTc-sestamibi pada jam ke 0, 1, 2, 3 dan 6 setelah penandaan dengan 99mTc memiliki nilai kemurnian radiokimia 100% ± 0. Nilai kemurnian radiokimia tersebut memenuhi persyaratan European Pharmacopeia yaitu ≥ 94%.

    Kata kunci: Radiofarmaka, 99mTc-sestamibi, Fraksinasi, Kemurnian radiokimia
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi