Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4200- Polimorfisme Gen STAT4 rs7574865 Pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung (Erica Willy; Melisa Intan B., Dr. Med. Sc; Yuni Elsa Hadisaputri, MBS.,Ph.D)


Lupus Eritematosus Sistemik (LES) merupakan gangguan autoimun kronis, bersifat progresif, dan mempengaruhi banyak sistem organ dengan bermacam-macam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202100834200Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4200
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4200
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Lupus Eritematosus Sistemik (LES) merupakan gangguan autoimun kronis, bersifat progresif, dan mempengaruhi banyak sistem organ dengan bermacam-macam manifestasi klinis. Faktor genetik memainkan peran penting dalam patofisiologi penyalit Lupus. Lebih dari 30 gen telah terbukti berasosiasi dengan kejadian Lupus. Signal Transducer Activator Transcriptase 4 (STAT4) merupakan mediator sentral dalam menyebabkan peradangan selama respon imun untuk penyakit yang dimediasi oleh imunitas. Gen tersebut dapat meningkatkan ekspresi interferon gamma pada situ inflamasi pasien Lupus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi profil genetika gen STAT4 pada pasien Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Metode amplifikasi yang digunakan adalah polymerase chain reaction (PCR) biasa dengan menggunakan primer forward dan primer reverse yang akan memotong urutan DNA target. Penentuan urutan nukelotida dilakukan dengan cara direct sequencing menggunakan metode sanger. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien Lupus di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung memiliki distribusi genotip yang tidak memenuhi kesetimbangan Hardy-Weinberg dengan persentasi distribusi genotip GG sebesar 3.57%, AG sebesar 35.71%, GT sebesar 30.95% dan AT sebesar 29.76%.
    Kata Kunci: Polimorfisme, STAT4, PCR
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi