Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4201- Formulasi dan Karakterisasi Gel Transetosom dari Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Terpurifikasi (Veronika Ellena; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si; Dr. Iyan Sopyan, M.Si)


Gambir merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan katekin yang mempunyai aktivitas antihiperlipidemia. Senyawa katekin dapat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202100844201Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4201
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4201
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Gambir merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan katekin yang mempunyai aktivitas antihiperlipidemia. Senyawa katekin dapat terkonjugasi setelah dimetabolisme oleh hati sehingga tidak memiliki efek farmakologis. Bentuk sediaan transdermal dapat menjadi alternatif dari masalah tersebut. Namun, katekin bersifat hidrofilik dan sulit terpenetrasi pada kulit, sehingga dibutuhkan suatu sistem penghantaran obat baru yaitu transetosom yang diformulasikan dalam bentuk sediaan gel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi, karakterisas, dan stabilitas penyimpanan gel transetosom dari ekstrak gambir terpurifikasi. Tahapan pada penelitian ini meliputi optimasi basis gel dengan 3 variasi konsentrasi Carbopol 940 sebagai gelling agent yaitu 0,25%, 0,5%, dan 0,75%, formulasi gel transetosom ekstrak gambir, stabilitas penyimpanan pada suhu 42C dan 282C. Karakterisasi dan stabilitas fisik dilakukan berdasarkan parameter organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, dan daya sebar, sedangkan stabilitas kimia dilakukan pengukuran kadar menggunakan High Performance Liquid Chromatography. Hasil penelitian menunjukkan bahwa basis gel konsentrasi Carbopol 0,75% memiliki karakterisasi sesuai dengan persyaratan dan stabilitas penyimpanan yang paling baik. Oleh karena itu, konsentrasi Carbopol 0,75% akan diformulasikan dengan transetosom ekstrak gambir terpurifikasi. Hasil karakterisasi menunjukkan gel berbentuk semisolid berwarna kuning keabu-abuan cerah dan berbau khas, pH 5,68  0,02, viskositas 212466,67 cps1,41, daya sebar 5,770,15, dan kadar 106,92%  0,005. Hasil stabilitas selama 28 hari menunjukkan bahwa gel lebih stabil pada suhu penyimpanan 42C.

    Kata Kunci: formulasi, gambir, gel, karakterisasi, transetosom
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi