Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4202- Studi In Silico Senyawa Isolat Golongan Xanton Beberapa Tanaman Terhadap Reseptor IL-6 Sebagai Terapi Covid-19 (Elsa Daw Cristin; Dr. Sandra Megantara, M.Farm; Prof. Muchtaridi, Ph.D., M.Si)


Pada tanggal 10 Mei, kasus COVID-19 di Dunia sudah mencapai lebih dari 158 juta jiwa dengan jumlah kematian lebih dari 3,29 juta jiwa dan kasus ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202100854202Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4202
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4202
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pada tanggal 10 Mei, kasus COVID-19 di Dunia sudah mencapai lebih dari 158 juta jiwa dengan jumlah kematian lebih dari 3,29 juta jiwa dan kasus sembuh mencapai lebih dari 94 juta jiwa. Di Indonesia, kasus COVID-19 sudah menyentuh angka 1,7 juta jiwa dengan jumlah kematian mencapai 46.842 juga dan berhasil sembuh 1,56 juta jiwa. SARS-CoV-2 menginfeksi dengan cara mengikat sisi aktif protein spike pada virus ke reseptor ACE2 pada tubuh sel manusia. Saat ini, obat farmakologi yang telah disetujui oleh Food and Drug Adminstration (FDA) sebagai anti SARS-CoV-2 COVID-19 hanya remdesivir. Interleukin 6 (IL6) merupakan jenis sitokin yang paling banyak dihasilkan saat terjadi peradangan pada sistem pernafasan. Xanton terbukti dapat menghambat jumlah IL6 dengan berikatan pada reseptor IL6 pada sel manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi senyawa isolat golongan xanton dalam inhibisi IL6. Berdasarkan hasil penelitian pada 15 senyawa uji, Tovophylline memiliki interaksi yang terbaik terhadap reseptor Interleukin 6 dengan energi ikatan sebesar -6.35 kkal/mol dan konstanta inhibisi sebesar 22.30 µM, dengan residu ikatan asam amino yang sama dengan ligan alami dan senyawa pembanding. Senyawa Tovophylline memenuhi aturan Lipinski dan diserap dengan baik pada usus serta mampu menembus membran pada tingkat sedang. Tovophylline terikat kuat dengan plasma dan memiliki kemampuan menembus sawar darah otak yang tinggi. Tovophylline dapat menghambat enzim CYP1A2, CYP3A4, CYP2C9, dan CYP2C19 akan tetapi tidak menghambat enzim CYP2D6. Senyawa Tovophylline tidak memiliki sifat karsinogen maupun mutagen.

    Kata kunci: COVID-19, In Silico, Interleukin 6, Xanton.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi