Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4211- Formulasi dan Uji Permeasi Gel Transetosom Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb.) (Prilly Mutiara Sandy; Dr. Iyan Sopyan, M.Si; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si)


Gambir (Uncaria gambir Roxb.) secara empiris sering digunakan untuk menobati berbagai penyakit. Gambir memiliki konstituen fitokimia yang paling ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202100944211Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4211
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4211
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Gambir (Uncaria gambir Roxb.) secara empiris sering digunakan untuk menobati berbagai penyakit. Gambir memiliki konstituen fitokimia yang paling besar berupa katekin. Pada beberapa penelitian, katekin dapat mengurangi kadar kolesterol dengan mekanisme mengurangi koenzim HMG-CoA reduktase. Mekanisme yang dimiliki katekin terhadap kolesterol sama dengan mekanisme terapi konvensional pada penyakit yang disebabkan kolesterol. Sebagai pengembangan dari obat yang telah ada, katekin pada gambir dibentuk dalam gel transdermal dengan peningkat penetrasi transetosom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan transetosom dengan uji permeasi transetosom pada sediaan gel. Uji permeasi secara in vitro dengan alat sel difusi Franz dan membran sintetis politetrafluoroetilen (PTFE) dari gel transetosom katekin dibandingkan dengan gel katekin tanpa transetosom. Jumlah kurnulatif katekin yang terpenetrasi dari sediaan gel transetosom dengan gel non transetosom secara berturut-turut adalah dan 944,468 + 17,316 dan 589,386 + 12,734 μg/cm2 Hasil dari grafik uji permeasi menunjukkan profil permeasi dan fluks yang mirip, namun adanya perbedaan signifikan antara jumlah kumulatif obat yang terpenetrasi ke dalam sistem. Dapat disimpulkan bahwa adanya carrier transetosom dapat meningkatkan permeasi melalui kulit.

    Kata Kunci: Gambir, katekin, transethosome, gel, sel difusi Franz
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi