Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T238- Kajian Pustaka Metode Deteksi dan Diagnosis Pada Kanker Payudara Tahap Awal (Atmedi Surendra; Dr. Tina Rostinawati, M.Si; Riezki Amalia, Ph.D)


Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) Review: Aplikasi Teknologi Nanopartikel dan Biosensor dalam Diagnosis Kanker ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20210114T238Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T238
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T238
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) Review: Aplikasi Teknologi Nanopartikel dan Biosensor dalam Diagnosis Kanker dan (2) Development of Imaging and Liquid Biomarker Analysis for Breast Cancer Screening: A Review

    Manuskrip pertama berjudul Review: Aplikasi Teknologi Nanopartikel dan Biosensor dalam Diagnosis Kanker telah publikasikan di jurnal Medical Sains Volume 4 No. 1 ISSN: 2541-2027; e-ISSN: 2548-2114 dengan judul Review: Aplikasi Teknologi Nanopartikel dan Biosensor dalam Diagnosis Kanker pada September 2019 http://ojs.stfmuhammadiyahcirebon.ac.id/index.php/iojs/article/view/119/85. Ulasan artikel ini membahas tentang pengembangan menggunakan penanda spesifik kanker berbasis nanopartikel dan biosensor untuk diagnosis dan untuk terapi kanker yang akurat. Sumber data dan pencarian bahan review jurnal meliputi artikel, jurnal penelitian dan juga textbook melalui Elsevier, Pubmed, NCBI, dan penelusuran manual. Berbagai nanopartikel dikembangkan untuk pengiriman yang ditargetkan agen diagnostik/terapeutik ke situs kanker, dimaksudkan untuk menghasilkan efektivitas yang lebih besar dan efek samping yang lebih kecil. Biosensor perlu dikembangkan sebagai perangkat bioanalitik yang terkait dengan atau terintegrasi dengan transduser fisikokimia untuk analisis biomarker. Konsep penggunaan nanopartikel dalam pengembangan biosensor untuk diagnosis biomarker akan membuat perangkat ini semakin sensitif. Metode diagnostik yang sederhana dan sensitif yang dapat mendeteksi banyak biomarker kanker akan membantu dalam diagnosis dini dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pasien kanker.

    Manuskrip kedua berjudul Development of Imaging and Liquid Biomarker Analysis for Breast Cancer Screening: A Review dengan status in review di jurnal internasional Q-2 Scopus Pharmaceutical Sciences, pada Januari 2021. Ulasan artikel ini membahas tes skrining kanker payudara pada tahap awal dapat menurunkan angka kematian penderita kanker payudara. Skrining dan deteksi tahap awal adalah tahapan penting pencegahan kanker dan dapat secara signifikan meminimalkan tingkat kematian pada pasien kanker payudara untuk jangka panjang. Artikel ini mengulas perkembangan terkini untuk skrining kanker payudara stadium awal, klasifikasi kanker payudara berdasarkan diagnosis patologis, dan perkembangan deteksi kanker payudara. Sumber artikel ini dipilih dari database Springer, NCBI, PubMed dan pencarian manual berdasarkan review judul, abstrak dan review lengkap dari suatu artikel. Skrining kanker payudara pada dasarnya terdiri dari metode pencitraan dan penilaian patologis seperti biopsi invasif jaringan tumor dan pengukuran biomarker. Perkembangan skrining kanker payudara dapat dilihat dari digunakannya berbagai model dan metode pada biomarker baru sebagai analisis. Pengembangan model kanker payudara harus lebih sensitif, handal, terjangkau, dan mudah digunakan.

    Kata kunci: Kanker payudara, skrining, deteksi, diagnostik, imaging, biomarker, biosensor.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi