Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4238- Formulasi Sediaan Gel Antioksidan dari Kombinasi Ekstrak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dan Ekstrak Daun Rosemary (Rosmarinus officinalis L.) (Theodora Fabyola Marvella; Dr. rer. nat. Anis Y. Chaerunisaa, M.Si; Zelika Mega Ramadhania, M.Si)


Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menghambat reaksi oksidasi dengan cara mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif sehingga ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200124238Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4238
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4238
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menghambat reaksi oksidasi dengan cara mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif sehingga kerusakan sel dapat dicegah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat formulasi gel antioksidan dari kombinasi ekstrak rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dan ekstrak daun rosemary (Rosmarinus officinalis L.) yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan, antioksidan inilah yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh. Diawali dengan proses ekstraksi menggunakan ekstraktor skala pilot dengan pelarut etanol 20% untuk ekstrak bunga rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dan dilakukan maserasi menggunakan pelarut etanol 70% untuk (Rosmarinus officinalis L.).Kemudian menentukan nilai IC50 ekstrak bunga rosela, nilai IC50 ekstrak daun rosemary, dan nilai IC50 kombinasi ekstrak, selanjutnya ekstrak diformulasikan ke dalam basis gel yang mengandung variasi gelling agent HPMC 1%, 2,5% dan 5%, sediaan yang telah dibuat selanjutnya dievaluasi secara fisik meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, dan daya sebar, kemudian dilakukan uji kesukaan, uji iritasi penentukan nilai IC50 sediaan gel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga rosela dan ekstrak daun rosemary memiliki aktivitas sebagai antioksidan dengan IC50 ekstrak bunga rosela sebesar 399,25 ppm, IC50 ekstrak daun rosemary sebesar 39,38 ppm, IC50 asam askorbat sebesar 10,02 ppm, IC50 kombinasi ekstrak sebesar 231,63 ppm, hasil IC50 sediaan gel sebesar 166,65 ppm dan IC50 basis gel sebesar 1081,96 ppm. Formulasi dengan hasil evaluasi fisik terbaik dan paling disukai ditunjukkan pada formula dengan HPMC 1%. Hasil uji evaluasi fisik sediaan gel yang sediaan aman digunakan pada kulit.
    Kata kunci : ekstrak rosela, ekstrak rosemary, asam askorbat, sediaan gel.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi