Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4246- Sintesis dan Karakterisasi Sorben MI-SPE Salmeterol Xinafoat Dengan Monomer Asam Metakrilat Menggunakan Metode Polimerisasi Ruah (Tirza Ecclesia Orowitz; Driyanti Rahayu, MT; Dr. Aliya Nur Hasanah, M.Si)


Salmeterol xinafoat merupakan salah satu obat golongan agonis beta-2 adrenergik yang dapat disalahgunakan dalam bidang olahraga untuk meningkatkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200194246Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4246
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4246
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Salmeterol xinafoat merupakan salah satu obat golongan agonis beta-2 adrenergik yang dapat disalahgunakan dalam bidang olahraga untuk meningkatkan performa serta dalam pakan ternak untuk meningkatkan produksi daging tanpa lemak. Oleh karena itu, diperlukan metode analisis yang sensitif untuk mendeteksi salmeterol xinafoat dalam matriks biologis dan konsentrasi yang rendah. Metode preparasi sampel yang sedang berkembang saat ini adalah metode Molecularly Imprinted Solid Phase Extraction (MI-SPE) yang memiliki selektivitas dan sensitivitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kinerja analitik dari polimer imprinted salmeterol xinafoat yang dibuat dengan monomer asam metakrilat menggunakan polimerisasi ruah. Tahapan dari penelitian ini meliputi penentuan konstanta asosiasi, sintesis sorben MI-SPE dengan metode polimerisasi ruah menggunakan template salmeterol xinafoat, monomer asam metakrilat, dan porogen campuran metanol:isopropanol (1:1,125 v/v). Template kemudian diekstraksi dari polimer dan dilakukan evaluasi kemampuan adsorpsi, kapasitas adsorpsi, dan selektivitas dari sorben MI-SPE. Selain itu, dilakukan karakterisasi MI-SPE dengan Fourier Transform Instrument Infrared (FTIR) dan Scanning Electron Microscope (SEM). Sorben Molecularly Imprinted Polymer (MIP) menunjukkan kinerja analitik yang lebih baik dibandingkan Non-Imprinted Polymer (NIP) dengan nilai afinitas 0,00483 mg/g dan indeks homogenitas 0,3598 serta selektif terhadap salmeterol xinafoat bila dibandingkan dengan salbutamol dan terbutalin dengan imprinting factor (IF) sebesar 2,115. Hasil karakterisasi dengan FTIR dan SEM pada MIP menunjukkan bahwa polimerisasi berhasil dilakukan dan MIP memiliki ukuran partikel yang lebih kecil dibandingkan NIP. Berdasarkan hasil tersebut, MI-SPE salmeterol xinafoat berpotensi untuk dikembangkan menjadi metode ekstraksi salmeterol xinafoat dari sampel biologis.
    Kata kunci: Salmeterol xinafoat, asam metakrilat, molecularly imprinted-solid phase extraction (MI-SPE)
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi