Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4244- Aktivitas Penghambatan Polimerisasi Heme Sub-Fraksi Etil Asetat Daun Miana (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br.) Hasil kromatografi Cair Vakum (Brigitta Tiara Putri Priyantono; Ami Tjitraresmi, M.Si; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si)


Bioplastik merupakan polimer yang terbuat dari bahan alam yang dapat diperbaharui dan/atau dapat mengalami biodegradasi. Saat ini, sekitar 50% ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4244
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4244
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Bioplastik merupakan polimer yang terbuat dari bahan alam yang dapat diperbaharui dan/atau dapat mengalami biodegradasi. Saat ini, sekitar 50% bioplastik dari bahan alam yang terdapat di pasaran berasal dari pati. Namun, beberapa pati yang saat ini digunakan sebagai bahan dasar bioplastik bersumber dari tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan, sehingga diperlukan alternatif sumber pati. Sorgum (Sorghum bicolor L.) merupakan tanaman yang memiliki kadar pati hingga 85,14% pada bagian biji, sehingga sorgum memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai bahan baku bioplastik. Alfa-selulosa merupakan bentuk murni dari selulosa. Penambahan alfa-selulosa sebagai pengisi berfungsi untuk memperbaiki sifat mekanik dari bioplastik yang terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bioplastik dari pati sorgum menggunakan variasi alfa selulosa sebagai pengisi dan melakukan karakterisasi dari produk bioplastik yang dihasilkan. Penelitian ini dibagi ke dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan dan determinasi tanaman, pembuatan tepung biji sorgum, ekstraksi pati sorgum, pemutihan pati sorgum, analisis kuantitatif pati sorgum, pembuatan bioplastik, karakterisasi bioplastik dan uji biodegradabilitas bioplastik pati sorgum. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa perbandingan yang berbeda antara pati dengan alfa-selulosa menghasilkan karakteristik yang berbeda. Hasil pengujian terbaik terdapat pada BSS3 dengan perbandingan pati:alfa-selulosa 8,5:1,5 (b/b) dengan nilai kuat tarik 2,29 ± 0,096 MPa, nilai perpanjangan putus 6,64 ± 1,621% dan nilai modulus elastisitas 24,04 ± 0,376 MPa. BSS3 memiliki nilai densitas 0,867 ¬± 0,023 g/cm3 dengan daya serap air 41,99 ± 1,809%. Setelah 15 hari, BSS3 terdegradasi hingga 36,069 ± 0,066%.
    Kata kunci: bioplastik, sorgum, pati, alfa-selulosa, karakteristik
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi