Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4255- Evaluasi Reaksi Obat Tidak Diinginkan (ROTD) dari Warfarin Pada Pasien Rawat Jalan Penyakit Jantung di Salah Satu Rumah Sakit Kota Bandung (Adila Resca Harda; Dika Pramita Destiani,M.Farm; Norisca Aliza P., M.Farm)


Warfarin merupakan golongan antikoagulan yg telah digunakan secara luas untuk menghambat beberapa faktor pembekuan darah. Masalah utama dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200324255Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4255
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4255
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Warfarin merupakan golongan antikoagulan yg telah digunakan secara luas untuk menghambat beberapa faktor pembekuan darah. Masalah utama dari penggunaan warfarin yaitu variasi respon antar individu yang tinggi yang kemudian berakibat banyak pada kasus Reaksi Obat Tidak Diinginkan (ROTD) yang telah dianggap sebagai penyebab utama morbiditas dan mortalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi reaksi obat tidak diinginkan pada pasien rawat jalan penyakit jantung yang mendapat pengobatan warfarin di salah satu rumah sakit kota Bandung. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional dengan pengumpulan data secara observasional yang melibatkan 74 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Penilaian kausalitas dilakukan dengan Algoritma Naranjo dan kejadian pendarahan diklasifikasikan berdasarkan BleedscoreTM. Hasil penelitian didapatkan Reaksi Obat Tidak Diinginkan yang terjadi adalah mual, pusing, sakit perut, ekimosis, petecie, pendarahan saat sikat gigi, pendarahan pada mulut, melena, mimisan dan pendarahan pada alat genital. Nilai INR menjadi faktor yang paling bermakna terhadap kejadian ROTD (p=0.001) OR (95% CI) 6.445 (2.120–19.594).
    Kata kunci: Reaksi Obat Tidak Diinginkan (ROTD), Warfarin.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi