Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4256- Pengembangan Formulasi Granul Instan Dengan Zat Aktif Konsentrat Mineral Laut (Afifah Cahyohartoto; Dr.rer.nat. Anis Y.C., M.Si.; Dr. Sriwidodo, M.Si)


Konsentrat mineral laut diketahui memiliki berbagai macam makro maupun mikro mineral yang bisa dijadikan suplemen mineral. Dipasaran sendiri sudah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200334256Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4256
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4256
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Konsentrat mineral laut diketahui memiliki berbagai macam makro maupun mikro mineral yang bisa dijadikan suplemen mineral. Dipasaran sendiri sudah tersedia suplemen mineral laut dalam bentuk sediaan likuid namun memiliki rasa yang sangat pahit sehingga tidak disukai oleh konsumen. Sangat baik jika konsentrat mineral laut ini dapat dikonsumsi dalam bentuk sediaan farmasi yang lebih praktis dan stabil. Penelitian ini dilakukan untuk mencari formula dengan komposisi terbaik sebagai sediaan granul instan konsentrat mineral laut dengan metode granulasi basah. Pada penelitian ini dibuat empat formula granul instan dengan variasi konsentrasi maltodekstrin sebagai penambah kelarutan. Formulasi dilakukan dengan metode granulasi basah. Uji kualitas sediaan granul instan yang dilakukan terhadap keempat formula meliputi pengujian kadar kelembaban, laju alir, sudut istirahat, kompresibilitas, kecepatan terdispersi, volume sedimentasi, pH, dan uji kesukaan (hedonic test). Diperoleh formula dengan konsentrasi maltodekstrin 20% memiliki kualitas granul paling baik. Formula 4 memiliki kadar kelembaban sebesar 2,19%, daya alir 12,53± 1,19 g/s, sudut istirahat 21,13±0,24, indeks carr 8,91±1,76 %, waktu terdispersi 1,49±0,04 menit, tidak terdapat sedimentasi selama 15 menit, dan pH yang terukur yaitu 5,00. Pada uji kesukaan rasa formula 4 paling disukai oleh panelis.
    Kata Kunci: Konsentrat mineral laut, Formulasi, Granul Instan, Granulasi Basah
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi