Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4265- Dispersi Padat Sebagai Metode Peningkatan Kelarutan Bahan Obat Dalam Tablet Formulasi dan Karakterisasi (Aslamnur Fikri Ramadhana; Dr. rer. nat. Anis Yohana C., M.Si; Dr. Iyan Sopyan, M.Si)


Kelarutan adalah salah satu faktor fisikokimia penting yang mempengaruhi pelepasan bahan aktif obat dalam formulasi tablet. Peningkatan kelarutan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200464265Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4265
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4265
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kelarutan adalah salah satu faktor fisikokimia penting yang mempengaruhi pelepasan bahan aktif obat dalam formulasi tablet. Peningkatan kelarutan menjadi salah satu parameter yang terus dikembangkan dalam meningkatkan ketersediaan obat. Dispersi padat adalah sebuah metode yang cukup menjanjikan untuk meningkatkan kelarutan bahan obat. Dispersi padat terbukti dapat meningkatkan kelarutan obat yang sulit larut. Review artikel ini bertujuan untuk menjelaskan keuntungan dan kerugian dispersi padat, metode pembuatan dispersi padat, formulasi tablet dispersi padat, dan karakterisasi tablet dispersi padat. Metode yang dilakukan adalah dengan review jurnal dari tahun 2011 sampai tahun 2021. Dari kajian pustaka didapatkan aspek-aspek yang berkaitan dengan pembuatan tablet dengan metode dispersi padat meliputi teori tentang dispersi padat, jenis dan klasifikasi dispersi padat, metode pembuatan dispersi padat, teknologi yang digunakan dalam pembuatan dispersi padat, polimer yang digunakan dalam dispersi padat, dan karakterisasi dan evaluasi dispersi padat. Dengan demikian berbagai aspek yang berkaitan dengan peningkatan kelarutan bahan obat dengan metode dispersi padat dapat diketahui.
    Kata kunci: dispersi padat, kelarutan, ketersediaan hayati, teknologi dispersi padat, polimer.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi