Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4280- Prediksi Pengaruh Single-Nucleotide Polymorphisms (SNPs) Pada CYP2C9 Terhadap Metabolisme Warfarin Secara In Silico (Sabranah Hidayati Rahmin; Dr. Sandra Megantara, M.Farm; Norisca Aliza P., M.Farm)


Warfarin merupakan antikoagulan oral yang memiliki variabilitas dosis antar individu yang luas. Salah satu faktor yang berperan adalah Cytochrome ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202200614280Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4280
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4280
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Warfarin merupakan antikoagulan oral yang memiliki variabilitas dosis antar individu yang luas. Salah satu faktor yang berperan adalah Cytochrome P450 Family 2 Subfamily C Member 9 (CYP2C9) atau CYP2C9 wild type (WT). Diketahui bahwa CYP2C9 memiliki banyak bentuk polimorfisme yang diduga menyebabkan penurunan aktivitas metabolisme obat. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi pengaruh polimorfisme CYP2C9 terhadap aktivitas metabolisme S- warfarin dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan dengan metode in silico yaitu pemodelan molekular polimorfisme CYP2C9 dan penambatan molekular. Adapun parameter yang dianalisis adalah afinitas ikatan, interaksi ikatan hidrogen, dan jarak antara C7 S-warfarin dengan Fe-Heme. Hasil penelitian didapatkan bahwa CYP2C9 WT memiliki afinitas ikatan yang paling kuat (∆G: -9,76 kkal/mol) menunjukkan CYP2C9 WT memiliki aktivitas metabolisme yang paling baik jika dibandingkan dengan polimorfisme CYP2C9. Terjadi penurunan pembentukan ikatan hidrogen pada polimorfisme CY2PC9, di mana hanya terbentuk 1 ikatan hidrogen sedangkan pada CYP2C9 WT terbentuk 2 ikatan hidrogen. Dan terjadi peningkatan jarak antara C7 S-warfarin dengan Fe-Heme pada polimorfisme CYP2C9 dengan rentang 0,24 – 1,16 Å jika dibandingkan dengan CYP2C9 WT. Adanya penurunan afinitas ikatan, penurunan pembentukan ikatan hidrogen, dan peningkatan jarak C7 S-warfarin dengan Fe-Heme pada polimorfisme CYP2C9 menunjukkan bahwa polimorfisme CYP2C9 mengalami penurunan aktivitas metabolisme terhadap S-warfarin yang menyebabkan peningkatan risiko pendarahan.

    Kata kunci: Warfarin, CYP2C9, Polimorfisme CYP2C9, In silico
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi