Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4296- Strategi Implementasi Pelayanan Kefarmasian Komunitas Untuk Pengendalian Tuberkulosis di Kota Bandung (Fauzia Rahma Cahyani; Ivan Surya Pradipta, M.Sc., Ph.D; Erna Herawati, S.Ant., M.A., Ph.D)


Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penurunan angka deteksi dan pelaporan kasus TB. Apotek sebagai tempat pertama ketika pasien mencari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201174296Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4296
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4296
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penurunan angka deteksi dan pelaporan kasus TB. Apotek sebagai tempat pertama ketika pasien mencari pengobatan berpotensi dalam melakukan pendeteksian kasus TB sehingga dapat menghindari terjadinya keterlambatan pengobatan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi strategi yang tepat dalam mengimplementasikan program PPM dengan keterlibatan farmasi komunitas dalam fungsi 3M (mendeteksi kasus TB, memonitoring terapi TB, dan mengedukasi masyarakat). Studi kualitatif dilakukan di Kota Bandung dengan partisipan dari berbagai latar belakang (apoteker komunitas, apoteker Puskesmas, pengelola program TB tingkat Puskesmas, dokter, dan organisasi profesi). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan FGD. Hasil wawancara ditranskripsikan dari rekaman audio dan visual lalu data dianalisis dengan bantuan software Atlas.ti 9 dan dilaporkan mengikuti kaidah COREQ-32. 15 partisipan telah diwawancara dengan melaporkan 17 strategi dari tujuh domain Flottorp, yaitu diperlukan pedoman pelaksanaan program, capacity building, pelatihan komunikasi, program terjadwal, ceklis skrining, telemedisin, formulir rujukan, sosialisasi program, menyediakan sistem informasi, SKP, regulasi dan kontrak. Strategi-strategi yang ditemukan dalam penelitian ini dapat menjadi panduan bagi penentu kebijakan dalam membuat program PPM berbasis farmasi komunitas.
    Kata kunci: Tuberkulosis, Apoteker komunitas, Strategi pengendalian tuberculosis, Public Private Mix
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi