Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4335- Formulasi Tablet Kunyah Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.) Disertai Analisis Kadar Brazilin (Aliya Nurlaila; Dr. Nyi Mekar Saptarini, M.Si; Dr. Sriwidodo, M.Si)


Kayu secang (Caesalpinia sappan L.) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan kandungan senyawanya dalam pengobatan tradisional, utamanya senyawa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201764335Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4335
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4335
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kayu secang (Caesalpinia sappan L.) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan kandungan senyawanya dalam pengobatan tradisional, utamanya senyawa brazilin yang merupakan komponen utama yang memiliki aktivitas sebagai kelator besi. Terdapat berbagai jenis bentuk sediaan obat namun tidak semua orang dapat mengonsumsinya dengan baik sehingga perlu dibuat sebuah sediaan yang dapat dikonsumsi oleh pasien yang memiliki kesulitan dalam menelan. Dengan demikian penelitian ini bermaksud untuk membuat sediaan tablet kunyah ekstrak kayu secang yang mudah dikonsumsi utamanya untuk anak-anak atau orang dewasa yang memiliki permasalahan dalam menelan. Pencetakan tablet kunyah dilakukan menggunakan metode kempa langsung dengan formula yaitu serbuk ekstrak kayu secang sebagai zat aktif, avicel ph 101 sebagai pengisi, manitol sebagai pengisi, PVP K-30 sebagai pengikat, mg stearat sebagai lubrikan, talcum sebagai glidan, aerosil sebagai pelincir, serta sakarin dan mentol mint sebagai pemanis. Serbuk ekstrak kayu secang yang digunakan berisikan ekstrak kayu secang dan pengering laktosa dengan perbandingan 1:5. Dalam proses produksi diperlukan kontrol kualitas untuk memastikan keamanan dan mutu dari produk yang meliputi uji organoleptik, uji keseragaman bobot dan ukuran, uji kekerasan, uji kerapuhan, dan analisis kadar sediaan tablet kunyah dengan menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) dengan tujuan untuk mengetahui kadar zat aktif yang terkandung di dalam sediaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa formula yang diproduksi baik diliat dari hasil evaluasi massa cetak dan sediaan hasil cetak yang memenuhi persyaratan mutu yang berlaku dengan kandungan brazilin dalam sediaan tablet kunyah berbobot 650 gram sebesar 0,381%.
    Kata Kunci: Kayu Secang, Brazilin, Tablet Kunyah, KCKT
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi