Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Aktivitas Antioksidan Terhadap Radikal Bebas 1,1-Diphenyl-2-Picryl-Hydrazil dan Kandungan Fenol Total Ekstrak, Fraksi Etil Asetat, N-Heksan, dan Air Daun Puspa (Schima wallichii Korth.)


Radikal bebas adalah suatu bahan kimia yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021091000062Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    2251
    Penerbit Fakultas Farmasi Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    2251
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Radikal bebas adalah suatu bahan kimia yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh yaitu kereaktifannya yang membahayakan, sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan kandungan fenol total ekstrak etanol, fraksi etil asetat, fraksi n-heksan, dan fraksi air daun puspa (Schima wallichii Korth.). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode spektrofotometri uv-visible menggunakan pereaksi DPPH (1,1- difenil-2-pikril-hidrazil) dengan vitamin C sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi etil asetat memberikan aktivitas antioksidan terbesar dengan nilai KE50 (Konsentrasi Efektif) sebesar 29,33 ppm, diikuti dengan ekstrak etanol, fraksi air, dan fraksi n-heksan dengan nilai KE50 berturut-turut sebesar 41,84 ppm, 49,38 ppm, dan 1185,2 ppm. Hasil penelitian fenol total menunjukkan bahwa kadar fenol total yang terbanyak dimiliki oleh fraksi etil asetat sebesar 30,197%, diikuti oleh ekstrak etanol, fraksi air, dan fraksi n-heksan berturut-turut sebesar 17,15%, 13,36%, dan 2,43%.
    Kata kunci : daun puspa, antioksidan, radikal bebas, DPPH, kandungan fenol total
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi