Detail Cantuman

Image of Analisis Pesan #2019gantipresiden Dalam Twitter Mardani Alisera : Analisis Retoris Pesan Teks #2019gantipresiden Dalam Akun Twitter @Mardanialisera

Skripsi  

Analisis Pesan #2019gantipresiden Dalam Twitter Mardani Alisera : Analisis Retoris Pesan Teks #2019gantipresiden Dalam Akun Twitter @Mardanialisera


ABSTRAK



Mutia Adinda, 210110140039. Mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C1588302.014 07 MUT aPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.014 07 MUT a
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung..,
    Deskripsi Fisik
    ix, 156 hlm. : ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.014 07 MUT a
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK



    Mutia Adinda, 210110140039. Mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul Analisis Pesan #2019GantiPresiden dalam Twitter Mardani Ali Sera dan dibimbing oleh Dr.H.Antar Venus,Drs.,M.A.Comm selaku pembimbing utama dan Meria Octavianti,S.Sos.,M.I.Kom selaku pembimbing pendamping.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola retorika pesan akun twitter

    @MardaniAliSera yang merupakan pembuat tagar #2019GantiPresiden. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis retoris dan alat analisisnya berupa Lima Kanon Retorika (penemuan, penyusunan, gaya, penyampaian, dan ingatan) dan Segitiga Retorika (ethos, pathos, dan logos) milik Aristoteles. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah 137 tweet yang dihubungkan dengan tagar #2019GantiPresiden oleh Mardani Ali Sera dalam rentang waktu 8 Maret 2018 – 8 Juni 2018.

    Hasil pada penelitian ini adalah pada kanon penemuan akun

    @MardaniAliSera memberikan informasi seputar gerakan 2019GantiPresiden dan memberikan kritik serta sarannya terhadap kondisi Indonesia dan pemerintahan saat ini. Pada kanon penyusunan ditemukan penggunaan tweet lepas dan tweet berseri. Pada kanon gaya ditemukan majas-majas yang digunakan serta penggunaan pronominal persona. Pada kanon penyampaian ditemukan penggunaan bahasa yang sederhana dan penggunaan emotikon. Pada kanon ingatan ditemukan penggunaan aspek visual dan fakta-fakta. Selain itu, dalam aspek ethos ditemukan inteligensi, goodwill, dan karakter pada Mardani. Pada aspek pathos ditemukan beragam sisi emosional yang ditampilkan dan yang ingin disinggung. Dan pada aspek logos ditemukan adanya kesalahan berpikir pada 49 tweet yang diunggah.



    Kata kunci: Analisi Retoris, Kanon Retorika, Segitiga Retorika, Twitter

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi