Detail Cantuman

Image of Proses Corporate Rebrandingpj TV Bandung Menjadi SKTV : Studi Deskriptif Mengenai Proses Corporate Rebranding PJTV Bandung Menjadi SKTV

Skripsi  

Proses Corporate Rebrandingpj TV Bandung Menjadi SKTV : Studi Deskriptif Mengenai Proses Corporate Rebranding PJTV Bandung Menjadi SKTV


ABSTRAK

Yuliyanti Sholihat, 210310140001, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1B1704658.401. 2 YUL pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1B)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.401 2 YUL p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 191 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.401 2 YUL p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Yuliyanti Sholihat, 210310140001, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Proses Corporate Rebranding PJTV Bandung menjadi SKTV”, dengan pembimbing utama Dr. Susi Perbawasari, M.Si dan sebagai pembimbing pendamping Syauqi Lukman, S.Sos., MSM.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan analisis, perencanaan, implementasi, dan evaluasi proses corporate rebranding PJTV Bandung menjadi SKTV. Paradigma yang digunakan adalah paradigma positivisme, jenis studi deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di kantor SKTV yang berada di Gedung Lucky Square Lt.1 Blok A2-05, Jl. Terusan Jakarta No. 2 Bandung.

    Berdasarkan hasil penelitian menunjuka bahwa SKTV dalam melakukan proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, tahapan analisis dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor pendorong proses rebranding. Kedua, tahap perencanaan yang dilakukan dengan mengubah target audience, mengganti nama PJTV Bandung menjadi SKTV, menganti atribut visual, dan melakukan pergantian kepala departemen yang terjadi pada struktur organisasi SKTV. Ketiga tahap implementasi yang terdiri dari sub fase relaunching untuk internal dengan mengadakan syukuran dan gathering bersama seluruh karyawan dan relaunching untuk eksternal dengan membuat promosi di berbagai media, serta membuat talkshow budaya yang mengundang berbagai pihak eksternal perusahaan. Keempat, tahap evaluasi dilakukan dengan mengadakan meeting dan kordinasi di setiap departemen.

    Simpulan dari penelitian ini adalah proses corporate rebranding yang dilakukan oleh SKTV sudah baik, namun belum maksimal dalam tahap analisis, dan evaluasi karena SKTV belum melakukan penelitian yang dilakukan secara langsung untuk mengetahui tanggapan target audience baik sebelum maupun sesudah rebranding.

    Saran pada penelitian ini adalah agar pada tahap analisis dan evaluasi bisa dilakukan penelitian tentang tanggapan dari target audience mengenai SKTV sebelum dan sesudah rebranding sehingga program yang disajikan bisa sesuai dengan target audience-nya.

    Kata Kunci: Branding, Rebranding, Televisi Lokal



  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi