Skripsi
Konstruksi Makna Doodling Bagi Anggota Komunitas Bandung Doodle Art : Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Doodling Bagi Anggota Komunitas Bandung Doodle Art
ABSTRAK
Yayu Mulidah, 210110140106, 2018. “Kontruksi Makna Doodling bagi Anggota Komunitas Bandung Doodle Art”. Pembimbing ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1C1617 305.907 YAY k Perpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 305.907 YAY kPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2018 Deskripsi Fisik xii, 179 hlm. : Ilus. ; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 305.907 YAY kTipe Isi textTipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Yayu Mulidah, 210110140106, 2018. “Kontruksi Makna Doodling bagi Anggota Komunitas Bandung Doodle Art”. Pembimbing Utama Dr. Asep Suryana, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna doodling bagi anggota komunitas Bandung Doodle Art yang meliputi konsep diri, motif, pengalaman, dan makna doodling bagi anggota Komunitas Bandung Doodle Art. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, obsevasi non-partisipan, serta studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri informan adalah konsep diri positif. Motif masa lalu informan berkaitan dengan motif untuk hiburan, suka gambar, ingin belajar, dan ajakan teman. Motif masa depan informan berkaitan dengan menambah relasi, mengembangkan skill, dan menambah pengalaman. Ada beberapa hal yang dialami dan dirasakan oleh para informan saat mengikuti kegiatan doodling bersama komunitas. Hal tersebut di kategorikan berdasarkan pengalaman secara internal dan pengalaman secara eksternal. Pengalaman mengikuti kegiatan doodling ini dapat membentuk makna doodling yang dibagi menjadi dua kategori, yakni makna identitas dan makna kebutuhan.
Kata Kunci : Doodling, Makna, Bandung Doodle Art.
ABSTRAK
Yayu Mulidah, 210110140106, 2018. “Kontruksi Makna Doodling bagi Anggota Komunitas Bandung Doodle Art”. Pembimbing Utama Dr. Asep Suryana, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna doodling bagi anggota komunitas Bandung Doodle Art yang meliputi konsep diri, motif, pengalaman, dan makna doodling bagi anggota Komunitas Bandung Doodle Art. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, obsevasi non-partisipan, serta studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri informan adalah konsep diri positif. Motif masa lalu informan berkaitan dengan motif untuk hiburan, suka gambar, ingin belajar, dan ajakan teman. Motif masa depan informan berkaitan dengan menambah relasi, mengembangkan skill, dan menambah pengalaman. Ada beberapa hal yang dialami dan dirasakan oleh para informan saat mengikuti kegiatan doodling bersama komunitas. Hal tersebut di kategorikan berdasarkan pengalaman secara internal dan pengalaman secara eksternal. Pengalaman mengikuti kegiatan doodling ini dapat membentuk makna doodling yang dibagi menjadi dua kategori, yakni makna identitas dan makna kebutuhan.
Kata Kunci : Doodling, Makna, Bandung Doodle Art.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.